2 Jambret Spesialis Pemotor Wanita di Purbalingga Didor

Vandi Romadhon - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 15:17 WIB
Dua orang jambret yang menargetkan korban pemotor wanita di Purbalingga didor atau ditembak polisi, Senin (17/5/2021).
Dua orang jambret yang menargetkan korban pemotor wanita di Purbalingga didor atau ditembak polisi, Senin (17/5/2021). Foto: Vandi Romadhon/detikcom
Purbalingga -

Dua orang jambret yang menargetkan korban pemotor wanita di Purbalingga didor atau ditembak polisi. Pelaku inisial DJA (38) dan SBW (34), keduanya warga Purbalingga, dilumpuhkan kakinya karena disebut mencoba kabur saat akan ditangkap.

"Unit Resmob Polres Purbalingga berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan atau penjambretan yang terjadi di sejumlah tempat wilayah Kabupaten Purbalingga, saat akan ditangkap tersangka berusaha kabur jadi terpaksa dilumpuhkan," kata Kapolres Purbalingga AKBP Fannky Ani Sugiharto melalui keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Menurutnya, modus yang dilakukan oleh para pelaku yaitu mengincar wanita pengendara sepeda motor yang sendirian dan membawa tas. Kemudian di tempat sepi, pelaku menarik tas yang dibawa pengendara tersebut.

Fannky melanjutkan, pengungkapan kasus bermula dari laporan seorang korban wanita warga Purbalingga. Korban mengalami penjambretan di ruas jalan Desa Munjul, Jumat (16/4) malam.

"Dari laporan korban tersebut kemudian dilakukan penyelidikan. Akhirnya setelah kurang lebih satu bulan dua pelaku berhasil diamankan oleh tim Resmob Polres Purbalingga, Sabtu kemarin," jelasnya.

Dari tangan pelaku diamankan barang bukti berupa dua unit sepeda motor. Selain itu, diamankan juga tiga ponsel.

Fannky menyebut dua pelaku sehari-hari bekerja sebagai tukang parkir di minimarket. Mereka merupakan residivis berbagai kasus kejahatan.

"Selain melakukan penjambretan di Desa Munjul, mereka mengaku melakukan penjambretan di lokasi lain yaitu wilayah di Desa Toyareja, Desa Slinga dan Kelurahan Karanganyar," imbuhnya.

Polisi kini masih melakukan pengejaran terhadap satu pelaku lainnya yang melarikan diri. Sementara itu kepada dua pelaku yang telah ditangkap, dijerat Pasal 365 ayat (1) dan atau ayat (2) ke-1 dan ke-2 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan.

"Ancaman hukuman pasal tersebut yaitu pidana penjara paling lama 12 tahun," pungkasnya.

Tonton juga Video: Detik-detik Jambret di Makassar Dibekuk, Kerap Sasar Jemaah Masjid

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)