Pria di Gunungkidul Tewas Usai Digigit Ular Welang

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 10:37 WIB
Polisi Polsek Playen Gunungkidul datangi rumah korban tewas digigit ular weling, Senin (17/5/2021).
Polisi Polsek Playen Gunungkidul datangi rumah korban tewas digigit ular welang, Senin (17/5/2021). (Foto: dok Polsek Playen Gunungkidul)
Gunungkidul -

Seorang warga Pedukuhan Gading 3, Kalurahan Gading, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yakni, Anton Subagyo (37) tewas usai digigit ular welang. Korban sempat mendapat perawatan medis tapi nyawanya tidak tertolong.

Kapolsek Playen AKP Hajar Wahyudi menjelaskan bahwa kejadian nahas itu berawal saat Anton tertidur di ruang tamu rumahnya. Menjelang pagi, tepatnya pukul 04.30 WIB, korban terbangun karena mendengar suara tikus.

"Korban kaget karena ada tikus yang dikejar ular dan melompat di atas korban," ucapnya saat dihubungi wartawan, Senin (17/5/2021).

Akibatnya, ular tersebut mengenai tangan dan menggigit korban. Korban saat itu langsung membunuh ular tersebut.

"Karena kaget tangan korban pun secara refleks mengenai ular dan langsung mematuk tangan korban. Setelah itu korban masih sempat membunuh ular tersebut," ujarnya.

Pasca terkena gigitan ular, korban mengeluh kesakitan dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Nurrohmah, Playen untuk mendapatkan penanganan medis. Namun, nyawa korban tidak tertolong.

"Korban meninggal pada pukul 09.30 dan langsung dikebumikan pada pukul 15.30 di tempat pemakaman Gading 2, Playen, Gunungkidul," lanjut Hajar.

Menyoal jenis ular yang menggigit korban hingga tewas, Hajar menduga ular itu jenis ular berbisa. "Diduga jenis ularnya itu adalah jenis ular welang dengan panjang kurang lebih satu meter," ucapnya.

Oleh sebab itu, Hajar mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai keberadaan ular berbisa di lingkungan sekitar rumahnya. Selain itu, jika menemukan ular tersebut masyarakat diminta segera melaporkan kepada pihak terkait.

(sip/mbr)