Semua Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Telah Ditemukan

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 08:35 WIB
Perahu pengangkut 20 orang yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, diberi garis polisi, Minggu (16/5/2021).
Pernampakan perahu yang sempat terbalik menewaskan 9 orang di Waduk Kedungombo (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Operasi pencarian korban tenggelam dalam insiden perahu terbalik di Waduk Kedungombo (WKO) Boyolali, kembali membuahkan hasil. Korban terakhir ditemukan tim SAR gabungan pagi tadi.

"Iya betul, korban terakhir atas nama Niken ditemukan tadi sekitar pukul 05.15 WIB," kata SAR Mission Coordinator BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, kepada detikcom, Senin (17/5/2021).

Dijelaskan Kurniawan Fajar Prasetyo, korban atas nama Niken Safitri (7) warga Desa Ketro, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan berhasil ditemukan setelah tim SAR melakukan pencarian dengan teknik circle atau pengeboran yaitu dengan berputar-putar menggunakan perahu karet di lokasi korban tenggelam.

"Tadi pagi kita lakukan pencarian dengan teknik circle. Air kita gerakan memakai perahu dengan berputar-putar. Kemudian korban muncul ke permukaan, mengambang dan langsung kita evakuasi," jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali ini.

Tadi malam sekitar pukul 21.00 WIB, korban atas nama Jalal Wadan Zati (1,5) juga telah berhasil ditemukan. Anak ini ditemukan tim SAR saat melakukan patroli di sekitar lokasi perahu tenggelam. Jenazah Jalal ditemukan dalam kondisi mengambang.

Setelah dievakuasi ke darat, jenazah kedua korban langsung dibawa ke RSUD Waras Wiris di Kecamatan Andong, Boyolali untuk identifikasi.

Jalal yang baru berumur 1,5 tahun itu merupakan anak dari Tri Iriana Wahyu Ningtyas (27) warga Dukuh Karangmalang, Desa Pilangrejo, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali.

Dalam insiden ini di Waduk Kedungombo, Tri Iriana juga meninggal dunia bersama tiga anaknya. Selain Jalal, dua anaknya yang lain telah ditemukan sebelumnya juga dalam kondisi meninggal dunia, yaitu Zamzam Tabah Oktaviana (7), serta Acek Jalil Rasid (4). Sedangkan suaminya, Andi, berhasil selamat.

Dengan telah ditemukannya Niken dan Jalal, seluruh korban tenggelam dalam peristiwa terbaliknya perahu di Waduk Kedungombo, wilayah Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali sudah berhasil ditemukan semuanya. Dalam kejadian ini, 9 orang tenggelam dan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia semua.

Seperti diberitakan, sebuah perahu wisata bermuatan sekitar 20 orang terbalik di WKO, wilayah Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, sekitar pukul 12.00 WIB, Sabtu (15/5/2021). 11 orang berhasil diselamatkan dan 9 orang tenggelam.

Perahu itu terbalik, saat mengantarkan para penumpang menuju warung apung di tengah Waduk Kedungombo. Ketika hendak sampai warung apung, banyak penumpang yang maju untuk foto selfie.

Akibatnya perahu menjorok maju dan air mulai masuk. Perahu pun hilang keseimbangan dan akhirnya terbalik.

Tonton video 'Penampakan Perahu Nahas Pengangkut 20 Orang yang Tenggelam di Boyolali':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)