Penampakan Perahu Pengangkut 20 Orang yang Terbalik di Waduk Kedungombo

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 15:00 WIB
Boyolali -

Perahu wisata pengangkut 20 orang yang terbalik di Waduk Kedungombo (WKO) Boyolali saat ini ditambatkan di pinggir waduk. Perahu itu dipasangi garis polisi.

"Perahu kami taruh di sana (di pinggir waduk dan diberi garis polisi) untuk menjaga status quo. Makanya diamankan di tepi," ujar Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond kepada detikcom di lokasi kejadian, Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Minggu (16/5/2021).

Perahu tersebut terbuat dari fiber warna putih. Memiliki ukuran panjang sekitar 6,5 meter dan lebar 1,5 meter. Di bagian dalam terdapat tiga baris tempat duduk.

"Perahu ini memiliki kapasitas maksimal 14 orang, namun saat kejadian dinaiki 20 orang," kata Morry.

Lebih lanjut Morry menyatakan, terkait kejadian ini pihaknya masih meminta keterangan sejumlah saksi. Ada tiga orang yang dimintai keterangannya, yaitu nahkoda perahu saat kejadian, pemilik perahu dan pemilik warung apung.

Perahu pengangkut 20 orang yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, diberi garis polisi, Minggu (16/5/2021).Perahu pengangkut 20 orang yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, diberi garis polisi, Minggu (16/5/2021). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Diberitakan sebelumnya, sebuah perahu wisata bermuatan 20 orang terbalik di Waduk Kedungombo, Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Sabtu (15/5) sekitar pukul 12.00 WIB. Sebanyak 11 orang berhasil diselamatkan dan sembilan orang tenggelam.

Perahu itu terbalik saat mengantarkan para penumpang menuju warung apung di tengah waduk. Ketika hendak sampai warung apung, banyak penumpang yang maju untuk foto selfie. Akibatnya perahu menjorok maju dan air mulai masuk. Perahu pun hilang keseimbangan dan akhirnya terbalik.

Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian telah menemukan tujuh korban yang semuanya dalam kondisi tewas. Hingga Minggu (16/5) siang ada dua korban yang masih dalam pencarian.

(rih/rih)