Round-Up

Selfie di Perahu Wisata Waduk Kedungombo yang Berujung Maut

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 08:53 WIB
Boyolali -

Sebuah perahu wisata di Waduk Kedungombo (WKO) Boyolali yang memuat 20 orang terbalik. Sebanyak 11 orang berhasil diselamatkan dan sembilan orang lainnya tenggelam.

Tim SAR gabungan yang melakukan operasi pencarian hingga Sabtu (15/5) malam telah berhasil menemukan enam orang. Semuanya dalam kondisi meninggal dunia.

"Sudah ada 6 korban yang berhasil ditemukan. Semuanya dalam keadaan meninggal dunia," kata Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond kepada detikcom, Sabtu (15/5/2021) malam.

Masih ada tiga korban yang hilang atau belum ditemukan. Operasi pencarian dihentikan sementara karena kondisi sudah malam.

Minggu (16/5) pagi ini operasi SAR untuk mencari tiga korban perahu terbalik di WKO kembali dilanjutkan. Morry mengatakan pagi ini operasi pencarian rencananya akan dilakukan penyelaman.

Diketahui, peristiwa nahas tersebut terjadi pada Sabtu (15/5) sekitar pukul 12.00 WIB. Bermula ketika rombongan wisatawan lokal itu hendak menuju warung apung di tengah Waduk Kedungombo, wilayah Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali. Sebanyak 20 orang itu, termasuk sejumlah anak-anak, diangkut menggunakan satu perahu.

"Ketika hendak sampai di warung apung, banyak yang maju (ke ujung perahu) untuk foto selfie. Sehingga posisi perahu menjorok maju dan akhirnya hilang keseimbangan, akhirnya terguling ke kanan," ungkap Morry Ermond.

Perahu itu pun akhirnya terbalik. Teriakan histeris dan kepanikan pun terjadi. Sejumlah warga sekitar dan nelayan yang membawa perahu langsung mendekat untuk memberikan pertolongan. Sebanyak 11 orang berhasil dievakuasi dan diselamatkan. Sedangkan sembilan orang lainnya tenggelam.

Mendapat informasi kejadian tersebut, BPBD, Polres dan Kodim Boyolali langsung mendatangi lokasi kejadian. Tim SAR dari berbagai organisasi dan beberapa daerah sekitar juga datang untuk membantu pencarian.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi juga langsung datang ke TKP, Sabtu (15/5). Buntut kejadian maut itu, objek wisata Waduk Kedungombo tersebut ditutup sementara.

"Perintah dari Bapak Kapolda Jawa Tengah, tempat wisata Waduk Kedungombo mulai hari ini sampai Senin (17/5/2021), ditutup," kata Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond kepada para wartawan Sabtu (15/5).

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2