Isoman Tak Efektif, Puluhan Warga Positif Corona di Banyumas Dikarantina

Arbi Anugrah - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 22:22 WIB
ilustrasi corona
(Foto: ilustrasi corona)
Banyumas -

26 warga Desa Danaraja, Kabupaten Banyumas terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Tiga di antaranya menjalani perawatan di RSUD Banyumas karena bergejala.

Menurut Bupati Banyumas Achmad Husein, untuk mengantisipasi penularan di wilayah Banyumas, 23 warga dievakuasi dan di karantina di Baturraden. Sedankan tiga oan dibawa ke RSUD Banyumas setelah menjalani karantina mandiri sejak Rabu (12/5) lalu.

"Mereka yang terkonfirmasi positif telah melaksanakan karantina mandiri sejak tanggal 12-15 Mei 2021. Namun dalam pelaksanaannya tidak efektif, sehingga dilanjutkan di karantina milik Pemerintah di Baturaden untuk mengantisipasi meluasnya penularan COVID-19 di wilayah Kecamatan Banyumas," kata Achmad Husein, Sabtu (15/5/2021).

Kasus tersebut pertama kali diketahui dari satu warga diduga terkonfirmasi COVID-19 kemudian menyebar hingga dilakukan isolasi mandiri. 23 warga Desa Danaraja tersebut dijemput dengan menggunakan satu bus milik Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas.

"Semula satu, (terkonfirmasi COVID-19) kemudian tiga. (Diketahui) Sekitar empat hari lalu," jelasnya.

Selain 23 warga yang dijemput untuk dikarantina di Banturraden, ada tiga warga lainnya yang terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan komorbid dan bergejala sehingga ketiga warga tersebut menjalani perawatan secara intensif di RSUD Banyumas.

Berdasarkan hasil tracing yang dilakukan, saat ini masih terdapat 10 orang warga Desa Danaraja yang menunggu hasil swab PCR. Mereka masih melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dengan pengawasan ketat dari Satgas COVID-19 tingkat Desa.

Sementara menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Agus Nurhadi mengatakan pihaknya bersama unsur terkait melakukan penjemputan terhadap 23 warga Desa Danaraja dan tiga warga lainnya yang bergejala. Mereka dibawa menuju tempat karantina dan ke RSUD Banyumas.

"Ada 26 yang hasil swabnya positif. 3 di antaranya ada gejala sehingga sudah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas. 23 kita bawa ke rumah karantina Baturraden," ujarnya.

(mbr/mbr)