6 dari 9 Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Ditemukan Tewas

Ragil Ajiyanto - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 19:51 WIB
Kapolda Jateng tinjau lokasi perahu terbalik di Waduk Kedungombo
Kapolda Jateng tinjau lokasi perahu terbalik di Waduk Kedungombo. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Tim SAR gabungan hingga malam ini masih terus melakukan pencarian terhadap penumpang perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo (WKO) Boyolali. Hingga sekitar pukul 18.45 WIB, sebanyak 6 orang telah ditemukan dalam kondisi tewas.

"Hingga saat ini, sudah ada 6 orang yang berhasil ditemukan, semuanya ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia," kata Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond kepada detikcom Sabtu (15/5/2021).

Menurut Morry, keenam korban ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi telah mengambang di waduk. Selanjutnya para korban dievakuasi ke darat dan dibawa ke rumah sakit untuk identifikasi.

"Tiga korban yang ditemukan awal dibawa ke Rumah Sakit Gemolong (Sragen) dan tiga dibawa ke RSUD Waras Wiris Andong (Boyolali)," jelasnya.

Dijelaskan, hingga malam ini upaya pencarian masih dilakukan di permukaan waduk. Tim SAR gabungan belum melakukan pencarian ke bawah air atau penyelaman. Hal ini dikarenakan kondisi air waduk yang keruh, sehingga berpengaruh terhadap jarak pandang.

"Rencana penyelaman akan dilakukan besok pagi, jika tiga korban yang belum ditemukan, dalam pencarian malam ini juga belum ditemukan," jelasnya.

Kapolres mengatakan, rencana operasi pencarian akan dibuka selama lima hari ke depan.

Seperti diberitakan, sebuah perahu wisata bermuatan sekitar 20 orang terbalik di Waduk Kedungombo, wilayah Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, sekitar pukul 12.00 WIB. 11 orang berhasil diselamatkan dan 9 orang tenggelam.

Perahu itu terbalik, saat mengantarkan para penumpang menunu warung apung di tengah waduk. Ketika hendak sampai warung apung, banyak penumpang yang maju untuk foto selfie.

Akibatnya perahu menjorok maju dan air mulai masuk. Perahu pun hilang keseimbangan dan akhirnya terbalik.

(mbr/mbr)