Masjid Jogokariyan Yogya Tetap Gelar Salat Id Besok, Terbuka untuk Umum

Heri Susanto - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 15:42 WIB
Suasana Masjid Jogokariyan menjelang Ramadhan 2021, Kamis (8/4/2021).
Masjid Jogokariyan (Foto: Heri Susanto/detikcom)
Yogyakarta -

Takmir Masjid Jogokariyan tetap menggelar salat Idul Fitri, Kamis (13/5) pagi mulai pukul 06.30 WIB. Pelaksanaan salat id ini pun terbuka bagi umum.

Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan Muhammad Jazir Asp menjelaskan, pelaksanaan salat id akan tetap mempedomani protokol kesehatan (prokes). Salah satu poin penting yaitu memakai masker dan menjaga jarak.

"Bawa alat salat sendiri-sendiri. Cuci tangan dengan hand sanitizer," kata Jazir, memberikan pesan tertulis kepada detikcom, Rabu (12/5/2021).

Jazir menegaskan, dengan disiplin menjalankan prokes, pelaksanaan salat id di Masjid Jogokariyan terbuka untuk umum. "Siapa saja boleh salat id di sini. Tidak ada larangan atau batasan hanya warga sekitar," jelasnya.

Selain itu, Takmir Masjid Jogokariyan juga melakukan sterilisasi dengan disinfektan, sama seperti saat pelaksanaan salat Jumat.

Sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta masyarakat tidak menyelenggarakan salat id di tempat yang luas dan berpeluang terjadi kerumunan. Salat id boleh dilangsungkan di lapangan tapi lebih kecil.

"Di masjid, musala, atau lapangan lingkungan yang kecil atau seperti lapangan badminton," kata Sultan.

Sultan juga memastikan untuk Lebaran kali ini kegiatan di Keraton tidak diselenggarakan. Terutama upacara adat seperti Gerebek Syawal yang tiap Idul Fitri digelar.

"Nggak ada. Dari pada dibilang tidak konsisten. Karena kondisi saat ini konsistensi sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat," jelasnya.

(mbr/mbr)