Tes Acak di Solo Grand Mall, 4 Orang Positif Corona

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 19:50 WIB
Salah seorang pengunjung mal di Solo yang dites swab secara acak
Salah seorang pengunjung mal di Solo yang dites swab secara acak (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Petugas Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo melakukan tes virus Corona atau COVID-19 secara acak di pusat perbelanjaan Solo Grand Mall. Hasilnya, ada empat orang dinyatakan positif COVID-19.

Kasus pertama diketahui saat DKK melakukan tes COVID-19 pada Senin (10/5) kemarin. Hasilnya satu orang dari pegawai mitra Solo Grand Mall dinyatakan positif COVID-19.

"Pertama diketahui kemarin saat ada tes acak. Ada satu orang mitra kami yang positif COVID-19, lalu dibawa dinas kesehatan," kata Public Relation Solo Grand Mall, Ni Wayan Ratrina, kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

Menurut Ina, sapaannya, tes swab antigen dilakukan secara acak dari 800 orang karyawan dan mitra Solo Grand Mall. Setelah satu orang positif, kemudian DKK kembali melakukan tes swab pada hari ini.

"Hari ini kembali dilakukan tes oleh DKK. Yang pasti sudah melakukan protokol kesehatan ketat, baik untuk pengunjung yang masuk sampai dengan penyemprotan disinfektan dua kali sehari," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas COVID-19 Solo, Ahyani, mengatakan hari ini ada tiga orang positif COVID-19 dari tes kedua. Pegawai yang positif COVID-19 langsung diisolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

"Ada tiga orang positif tadi. Mereka kita kirim ke Asrama Haji Donohudan," kata Ahyani.

Ahyani menyebut sejumlah pegawai yang positif Corona berasal dari mitra yang bekerja di food court. Lapak dari mitra tersebut lalu ditutup untuk sementara waktu.

Ahyani memastikan Solo Grand Mall tetap boleh beroperasi. Namun dia mewanti-wanti agar pengelola tetap memastikan protokol kesehatan berjalan ketat.

"Boleh beroperasi tapi protokol kesehatannya ketat. Jangan sampai ada keramaian yang berlebihan. Kita terus standby meskipun Lebaran," tutupnya.

(ams/rih)