Positif Corona Klaster Tarawih di Purbalingga Tambah 7 Orang Lagi

Vandi Romadhon - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 10:09 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Ilustrasi (Foto: Getty Images/BlackJack3D)
Purbalingga -

Korban terpapar Corona klaster tarawih di Desa Karangnangka, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, terus bertambah. Dari hasil swab terakhir, diketahui tambah 7 orang lagi terpapar Corona sehingga total sebanyaknya 26 orang.

Pemkab Purbalingga menindaklanjuti temuan 19 warga positif terpapar virus Corona atau COVID-19 dari klaster tarawih di Desa Karangnangka Kecamatan Mrebet. Pemkab melakukan tes swab antigen terhadap kelurga dan kontak erat penderita.

"Sebelumnya, dari 27 jamaah yang dites, 19 dinyatakan positif. Nah ini dilanjutkan dengan tes kepada keluarga dari positif sebelumnya, serta ada beberapa jamaah yang kemarin belum dites," kata Kepala Puskesmas Mrebet, Mujiman, kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

"Dari 95 orang yang di swab antigen, diketahui ada 7 orang yang menunjukkan hasil positif. Kesemuanya merupakan orang tanpa gejala (OTG). Selanjutnya, 7 orang positif harus menjalani isolasi mandiri," lanjutnya.

Sementara Kepala Desa Karangnangka, Sugiarno menyampaikan bahwa terjadinya klaster tarawih berawal dari salah satu imam musala setempat. Imam mengalami sakit, saat dibawa ke rumah sakit lalu dinyatakan positif COVID-19.

Tracing awal kemudian dilakukan kepada jamaah mushola. Saat itu dari 27 jamaah yang dites swab, ada 19 yang dinyatakan positif.

Saat ini sudah terdapat 26 orang yang positifdari klaster tarawih ini dan menjalani isolasi. Pihak pemerintah desa dan tim gugus kecamatan akan melakukan pantauan. "Kami dari Pemdes tetap akan suport logistik, terutama vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh," pungkasnya.

Lihat juga video 'Klaster Tarawih di Banyuwangi Bertambah, 53 Orang Positif Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)