Kondisi Terkini 56 Jemaah-Imam Tarawih di Pati yang Kena Corona

Arif Syaefudin - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 16:38 WIB
Kompleks perumahan di Pati yang 56 warganya positif virus Corona atau COVID-19, Senin (10/5/2021).
Kompleks perumahan di Pati yang 56 warganya positif virus Corona atau COVID-19, Senin (10/5/2021). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -

Sebanyak 56 warga perumahan di Kelurahan Sidokerto, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Enam orang di antaranya dirawat di rumah sakit.

Bupati Pati Haryanto menjelaskan enam orang menjalani isolasi di rumah sakit yang berbeda-beda. Hal itu karena kondisi enam pasien tersebut butuh perawatan intensif.

"Ada yang sakit di RSU Karyadi 1 orang, di RS Mardirahayu 1, di RS Fastabig 1, di KSH Pati 2, RS Mitra Bangsa 1. Yang lain, sebanyak 50 orang berstatus orang tanpa gejala (OTG)," kata Haryanto saat dihubungi detikcom, Senin (10/5/2021).

Haryanto menjelaskan, 56 warga yang positif Corona tersebut merupakan imam dan jemaah salat tarawih masjid perumahan setempat. Kini, lokasi perumahan itu diisolasi dari segala bentuk aktivitas.

"Masih 56 yang dinyatakan positif. Sudah kita lokalisir," paparnya.

Haryanto menyebut puluhan jemaah salat tarawih tersebut tertular dari imam. Sang imam merupakan OTG.

"Awalnya ada satu yang positif, kebetulan dia yang mengimami di sana karena masjidnya ber-AC lalu menularkan kepada jemaah. AC-nya pas di depan tempat imam soalnya. Status imam OTG," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 56 jemaah salat tarawih di Masjid Al Istiqomah Perum RSS Sidokerto, Kecamatan Pati kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Hingga akhirnya wilayah kampung tempat masjid itu berada kini lockdown sementara.

"Ini ada di masjid Sidokerto berkaitan dengan tarawih. Karena ada satu orang yang positif, kebetulan dia yang mengimami di sana, karena masjidnya ber-AC, lalu menularkan kepada jemaah," kata Bupati Pati Haryanto kepada wartawan, Sabtu (8/5).

"Jadi kemarin ada 21, kemudian ada penambahan 26, dan ada lagi sebanyak 9, total 56," lanjut dia.

Tonton juga Video: Klaster Tarawih di Banyuwangi Bertambah, 53 Orang Positif Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)