Round-Up

Pemobil ABG Tabrak Polisi dan Terobos Pos Penyekatan di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 07:59 WIB
Klaten -

Video sebuah mobil terobos pos penyekatan pemudik 2021 di Klaten viral di media sosial. Tak hanya menerobos, mobil juga menabrak polisi yang hendak memeriksanya.

Video itu salah satunya diunggah akun Instagram @merapi_uncover pada Minggu (9/5/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Hingga sekitar pukul 16.00 WIB, video itu telah ditonton sekitar 30 ribu kali.

Dalam video berdurasi sekitar 29 detik itu, tampak sebuah mobil warna kuning disetop petugas untuk diperiksa. Mobil itu terlihat mengikuti arahan petugas agar menepi. Namun saat akan diperiksa, tiba-tiba mobil itu justru tancap gas. Tampak seorang polisi tertabrak mobil tersebut. Dicantumkan lokasi video itu di Candi Prambanan.

Saat dimintai konfirmasi, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu membenarkan peristiwa dalam video yang viral itu. Menurutnya, kejadian terjadi di pos penyekatan larangan mudik 2021 di Prambanan.

"Ya benar ada kejadian itu, di Pos Prambanan," kata Edy Suranta kepada detikcom, Minggu (9/5).

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan mengatakan peristiwa mobil terobos pos penyekatan dan tabrak polisi itu terjadi Sabtu (8/5) kemarin. "Betul itu kejadian kemarin Sabtu," kata Andriansyah kepada detikcom.

Soal adanya suara mirip tembakan dalam rekaman kejadian itu, Andriansyah belum bisa memastikan. Meskipun memang ada personel Brimob bersenjata di lokasi.

"Aku belum tahu kalau itu (suara mirip tembakan). Tapi kayaknya dari Brimob itu," ungkap Andriansyah.

Andriansyah menjelaskan pemobil tersebut akhirnya bisa diamankan. Pelaku diamankan setelah dikejar petugas gabungan.

"Ini mobil dan pelaku sudah kita amankan, di Polres. Kita amankan waktu itu juga dengan pengejaran," lanjut Andriansyah.

Pengemudi tersebut, jelas Andriansyah ditangkap sekitar 30 menit kemudian setelah kejadian.

"Ini 1x 30 menit bisa diamankan petugas gabungan di pos, ada Satlantas, Reskrim, Sabhara dan Brimob juga. Kita amankan masih di daerah Prambanan, di dekat simpang tiga SGM," ucap Andriansyah.

Dari hasil pemeriksaan di Mapolres, tutur Andriansyah, di dalam mobil tersebut hanya ada satu orang. Pengendara masih di bawah umur atau anak-anak.

"Penumpangnya cuma satu, sendiri dia. Cowok, anak di bawah umur, dia anak di bawah umur," sambung Andriansyah.

Dari hasil pemeriksaan lanjutan, ujar Andriansyah, pengemudi bukan orang luar kota meskipun mobil yang digunakan berplat nomor B. Pengemudi orang Klaten.

"Dia (pengemudi) orang Klaten, orang Klaten. Rupanya anak di bawah umur orang Klaten, tidak bawa SIM dia, yang jelas sudah kita tangkap," imbuh Andriansyah.

Akibat ulah ABG tersebut, tambah Andriansyah, ada seorang anggota yang sempat terserempet. Korban tidak mengalami luka serius setelah diperiksa kesehatannya.

"Ada yang luka tapi tidak parah. Langsung berobat dan langsung pulang," pungkas Andriansyah.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Klaten Iptu Nachrowi juga menambahkan kondisi polisi korban kejadian itu tidak luka serius. "Istilahnya itu cuma terpelanting saja, tidak mengalami luka serius. Itu anggota (polisi)," kata Nachrowi pada detikcom.

(mbr/mbr)