Mobil Terobos Penyekatan-Tabrak Polisi, Terdengar Suara Mirip Tembakan

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 16:54 WIB
Tangkapan layar video viral mobil terobos pos penyekatan pemudik di Prambanan, Klaten, Sabtu (8/5/2021).
Foto: Tangkapan layar video viral mobil terobos pos penyekatan pemudik di Prambanan, Klaten, Sabtu (8/5/2021).
Klaten -

Video sebuah mobil terobos pos penyekatan dan tabrak polisi di Klaten viral di media sosial. Dalam video itu, terdengar suara letusan menyerupai tembakan.

"Aku belum tahu kalau itu (suara mirip tembakan). Tapi kayaknya dari Brimob itu," kata Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan kepada detikcom, Minggu (9/5/2021).

Andriansyah mengatakan kejadian mobil menerobos pos penyekatan larangan mudik 2021 di pos Prambanan terjadi Sabtu (8/5) kemarin. Saat ini kasus tersebut masih dalam pemeriksaan.

"Itu kemarin kejadiannya. Iya sudah ditangani Reskrim," lanjut Andriansyah.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Klaten AKP Abi Praya Guntur Sulastiasto membenarkan peristiwa mobil terobos pos penyekatan mudik tersebut pada Sabtu (8/5) kemarin.

"Iya itu kejadiannya kemarin (8/5). Besok akan ada penjelasan lebih lanjut," ungkap Abi Praya kepada detikcom lewat pesan singkat ponselnya.

Diberitakan sebelumnya, video sebuah mobil terobos pos penyekatan di Klaten viral di media sosial. Tak hanya itu, mobil juga menabrak polisi yang berjaga.

Video itu salah satunya diunggah akun Instagram @merapi_uncover pada Minggu (9/5/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Hingga sekitar pukul 16.00 WIB, video itu telah ditonton sekitar 30 ribu kali.

Dalam video berdurasi sekitar 29 detik itu, tampak sebuah mobil warna kuning disetop petugas untuk diperiksa. Mobil itu terlihat mengikuti arahan petugas agar menepi. Namun saat akan diperiksa, tiba-tiba mobil itu justru tancap gas. Tampak seorang polisi tertabrak mobil tersebut dan terdengar suara letusan mirip tembakan satu kali sebelum mobil warna kuning itu kabur. Ditulis lokasi video itu di Prambanan.

"Pengemudi mobil yang nekat, Ada yang tahu info lengkapnya lurd," tulis akun tersebut seperti dikutip detikcom.


Saat dimintai konfirmasi, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu membenarkan peristiwa dalam video yang viral itu. Menurutnya, kejadian terjadi di pos penyekatan mudik di Prambanan.

"Ya benar ada kejadian itu, di pos Prambanan," kata Edy Suranta kepada detikcom, Minggu (9/5/2021).

(rih/rih)