Klaster Panti Asuhan di Kulon Progo, 10 Orang Positif Corona

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 14:11 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, Sri Budi Utami.
Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, Sri Budi Utami. (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Kulon Progo -

Dinas Kesehatan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melaporkan adanya klaster virus Corona atau COVID-19 dari sebuah panti asuhan di Wates. Panti asuhan tersebut kini ditutup sementara untuk umum.

"Ya jadi kemarin itu ada sekitar 10 anak dari salah satu panti asuhan di Wates yang terkonfirmasi positif COVID-19, saat ini kami masih melakukan proses tracing, totalnya sudah ada 30 kontak erat yang saat ini menunggu hasil swab keluar," ungkap Kepala Dinkes Kulon Progo, Sri Budi Utami, saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (9/5/2021).

Budi, sapaan akrabnya, menjelaskan temuan kasus ini berawal dari salah satu anak panti yang mengalami anosmia, yakni hilangnya kemampuan seseorang untuk mencium bau. Dari situ pihak panti membawa anak tersebut ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan medis. Anak itu juga diswab PCR, yang hasilnya positif Corona.

"Dari panti kemudian komunikasi dengan gugus tugas, lalu dilakukan tracing, hasilnya yang terjangkit bertambah menjadi 10 orang yang seluruhnya anak panti," ujar Budi.

Disinggung mengenai riwayat kasus ini, Budi belum bisa menjelaskan. Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan epidemiologi. Adapun 10 anak tersebut menjalani isolasi di panti dan dengan pengawasan dari gugus tugas.

"Riwayat belum tahu ya, tapi mungkin karena mobilitas selama Ramadhan di panti tersebut kan cukup tinggi, jadi ada potensi penularan di situ," ujarnya.

Adapun merujuk data Gugus Tugas COVID-19 Kulon Progo, total kasus kasus terkonfirmasi hingga saat ini mencapai 5.246 kasus, dengan rincian 509 isolasi mandiri, 41 isolasi rumah sakit, 531 sembuh, 98 meninggal dunia dan 4.067 selesai isolasi.

Tonton juga Video: Klaster Panti Asuhan di Babel, 51 Orang Positif Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)