Mudik Duluan! 3.000 Pemudik Sudah Masuk Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 18:09 WIB
Pospam penyekatan mudik 2021 di Ajibarang, Banyumas, Kamis (6/5/2021).
Pospam penyekatan mudik 2021 di Ajibarang, Banyumas, Kamis (6/5/2021). (Foto: dok Polsek Ajibarang Banyumas)
Banyumas -

Sebanyak 3.000 orang pemudik telah masuk Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sebelum masa larangan mudik berlaku mulai hari ini. Data tersebut berasal dari pantauan Satgas Penanganan Corona di tingkat RT di Banyumas.

"Sebelum ada larangan mudik 6-17 Mei, sudah ada 3.000 pemudik yang masuk ke Banyumas. Karena belum ada larangan, maka kita harus memastikan bahwa mereka negatif. Jadi, sebelum masuk rumah, pemudik harus mengikuti tes rapid antigen. Ternyata seluruhnya juga negatif," kata Bupati Banyumas Achmad Husein kepada wartawan di Purwokerto, Kamis (6/5/2021).

Dia mengatakan jika 3.000 orang pemudik yang masuk ke Banyumas tersebut merupakan data dari hasil pengawasan dan pemantauan dari Satgas COVID-19 tingkat RT. Meski setelah menjalani rapid test antigen dengan hasil negatif, kata Achmad Husein, kesehatan para pemudik tersebut masih harus dipantau.

Dia menjelaskan jika tindakan tegas larangan mudik mulai diberlakukan pada Kamis (6/5) di pospam perbatasan masuk seluruh Kabupaten Banyumas. Mulai hari ini, kata Achmad Husein, sudah tidak ada lagi toleransi bagi pemudik yang nekat masuk ke Banyumas.

"Kalau hari ini ada yang akan masuk, maka pasti diputar balik. Karena memang sudah tidak diperbolehkan untuk masuk," tegasnya.

Diwawancara terpisah, Kapolsek Ajibarang AKP Wawan Dwi Leksono mengungkap berdasarkan data dari Pos Pengamanan (Pospam) Ajibarang sejak tanggal 22 April hingga 6 Mei 2021, jumlah kendaraan yang datang dari luar Banyumas sebanyak 332 unit dan 96 orang.

"Hasil tes rapid, mereka semuanya negatif," ujar Wawan.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang melintas dengan tujuan luar Banyumas tercatat sebanyak 1.165 kendaraan.

Simak video 'Berapa Lama Idealnya Masa Karantina untuk Pelaku Perjalanan?':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)