Sepekan, Komplotan Maling Asal Lampung Gasak 19 Motor di Yogya

Heri Susanto - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 17:57 WIB
Barang bukti motor curian maling asal Lampung diamankan di Polresta Yogyakarta, Kamis (29/4/2021).
Barang bukti motor curian maling asal Lampung diamankan di Polresta Yogyakarta, Kamis (29/4/2021). Foto: Heri Susanto/detikcom
Yogyakarta -

Dalam waktu sepekan, komplotan maling asal Lampung ini berhasil menggasak 19 sepeda motor di Yogyakarta. Aksi pelaku terungkap dari rekaman CCTV.

"Dari hasil pendalaman, 19 kendaraan bermotor ini merupakan tindak kejahatan yang dilakukan selama seminggu yang tersebar di Kota Yogyakarta dan sekitarnya," kata Kapolresta Yogyakarta Kombes Purwadi Wahyu Anggoro saat jumpa pers di kantornya, Kamis (29/4/2021).

Delapan orang diamankan polisi masing-masing inisial DA, AR, HS, JK, AW, MR, AM, dan MA. Seluruhnya warga Lampung.

Wahyu menjelaskan sindikat curanmor asal Lampung ini termasuk lihai. Mereka mencuri dengan berbagi peran, ada yang mengawasi, ada yang spesialis membuka kunci, sampai joki atau pengendara.

"Sangat cepat, terlihat di CCTV hanya satu menit waktu yang dibutuhkan untuk membuka kunci motor. Meski, sudah dikunci setang, dengan kunci T sekali buka," jelasnya.

Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan kehilangan sepeda motor yang marak terjadi di Kota Yogyakarta selama tanggal 23 Maret sampai 2 April kemarin. Catatan kepolisian, yakni di Kemantren Umbulharjo tiga laporan, Kotagede satu laporan, Matrijeron satu laporan dan Gondokusuman satu laporan.

Dari beberapa laporan itu, polisi akhirnya mendapatkan petunjuk dari laporan di Mantrijeron. Pelaku saat melakukan aksi curanmor terekam CCTV.

"Kami akhirnya bisa mendapatkan bukti petunjuk," jelasnya.

Dari rekaman CCTV, polisi mengetahui pelaku 4 orang beserta kendaraannya. Kemudian, mereka mengembangkan informasi dan ternyata curanmor juga terjadi di Sleman dan Bantul.

Pola sindikat ini pun akhirnya bisa terurai. Polisi kemudian melakukan pengejaran lewat Tol Cipali. Pada Minggu (25/4) pukul 06.10 WIB, kelompok curanmor dapat ini ditangkap di kawasan rest area Cipali, Jawa Barat.

"Pelaku 4 orang berhasil diamankan saat berkendara mobil rental warna putih beserta sopirnya. Dari interogasi awal, kendaraan roda dua hasil curian dimuat ke dalam L300 dan truk dengan berbeda tujuan, yaitu ke Lampung dan Wonosobo," katanya.

Polisi melakukan pengejaran terhadap sopir yang berkendara menuju Lampung. Sementara tim gabungan yang lain yakni Jatanras dari Polda DIY, Resmob Polresta Yogya dan Polres Bantul bergerak ke Wonosobo.

Mobil L300 beserta sopir dan kernet yang bermuatan motor curian berhasil diamankan Opsnal Polresta Yogyakarta dengan bantuan anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Bakauheni sebanyak 12 unit. Sedangkan motor curian TKP wilayah Yogyakarta berada di mobil truk yang menuju ke Wonosobo. Pada saat tim melakukan pencarian barang bukti ke Wonosobo para pelaku melakukan perlawanan untuk kabur sehingga tim melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku.

"Baru pukul 22.00 WIB mobil truk bermuatan tujuh ranmor curian berhasil diamankan di Wonosobo bersama sopir dan kernet oleh tim gabungan," imbuhnya.

Simak juga video 'Terekam CCTV, Maling Bersarung Gondol Motor di Masjid Purwakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)