Partai Ummat Akan Dideklarasikan di Yogyakarta Besok

Heri Susanto - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 10:05 WIB
Logo Partai Ummat
(Foto: dok. Youtube Amien Rais)
Yogyakarta -

Besok, Kamis (29/4) bertepatan dengan 17 Ramadhan, Amien Rais akan mendeklarasikan Partai Ummat. Deklarasi ini akan berlangsung secara online dari Yogyakarta.

Orang dekat Amien Rais yang ditunjuk sebagai Person In Charge (PIC) Partai Ummat DIY Nazarrudin menjelaskan rencana deklarasi akan dilaksanakan pada 17 Ramadhan, jam 13.00 secara online. Nantinya, pengurus atau simpatisan di daerah bisa mengikuti secara daring.

kemungkinan lokasi yang akan dipilih adalah di Kantor Partai Ummat DIY di Jalan Ngeksigondo, Kotagede, Kota Yogyakarta atau di kediaman Amien Rais di Sawitsari, Condongcatur, Kabupaten Sleman.

"Yang jelas deklarasi di Yogyakarta apakah di Kotagede atau di Sawitsari. Nanti menggunakan notaris dari lokal Yogyakarta karena didirikan di Yogyakarta," kata Nazarudin, dihubungi wartawan (28/4/2021).

Saat deklarasi ini, sejumlah tokoh sudah dipastikan bakal bergabung. Tapi, tak ada tokoh yang pernah disebutkan diawal mantan komisioner KPK dan jenderal TNI.

"Setahu saya ada Neno Warisman, Buni Yani, Mustofa Nachrawardaya, MS Kaban dan Khoirul Annas," jelasnya.

Setelah deklarasi, Partai Ummat berlanjut akan berproses menyelesaikan persyaratan untuk mendaftarkan diri di Kementerian Hukum dan HAM.

"Pertama mengurus pendirian badan hukum, akta AD/ART, akta kepengurusan. Nah, akta kepengurusan ini nanti dilampiri kepengurusan provinsi sampai dengan kecamatan," katanya.

Terhadap persyaratan tersebut, lanjut Nazar, pihaknya optimistis bisa memenuhi. Kepengurusan sampai tingkat kecamatan yang biasanya sulit, saat ini daerah-daerah memberikan tanggapan positif.

"Banyak daerah yang sudah menyatakan siap bergabung. Padahal daerah itu termasuk pelosok," katanya.

Untuk kepengurusan, Nazar memastikan Amien Rais akan menempati Ketua Majelis Syuro. Neno Warisman dan MS Kaban akan mengisi Wakil Ketua Majelis Syuro. Kemudian, posisi ketua umum masih belum fix.

"Isunya kan Edo (Ridho Rahmadi). Ya setahu saya dia anak muda, dia punya kapasitas, punya keahlian, doktor lulusan luar negeri. Edo itu di partai nanti, dia itu bisa membantu meletakkan memulai konsep manajerial partai yang berbasis data maupun IT," katanya.

Lihat Video: Amien Rais Tunda Peluncuran Partai Ummat, Ini Alasannya

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)