Caleg PAW Hanafi Rais di DPR Malah Mundur dari PAN, Ada Apa?

Heri Susanto - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 17:34 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di kompleks parlemen, Jakarta, untuk mengikuti sidang tahunan MPR-DPR, Jumat (14/8/2020). Jokowi mengenakan pakaian adat NTT, baju adat Sabu.
Ilustrasi DPR RI. Foto: Sidang tahunan MPR-DPR, Jumat (14/8/2020). (Agung Pambudhy)
Yogyakarta -

Caleg pengganti antar waktu (PAW) Hanafi Rais di DPR RI, Yuni Astuti, memilih mundur dari PAN. Yuni merupakan peraih suara terbanyak kedua PAN pada Pileg 2019 di daerah pemilihan (Dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Saya menyatakan mengundurkan diri dari keanggotaan PAN dan juga sebagai pengurus DPW PAN DIY. Segala bentuk yang berhubungan dengan PAN, saya sudah tidak ada hak atau apapun di situ," kata Yuni kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (22/4/2021).

Yuni menyebut surat pengunduran diri sudah dikirimkan ke DPP PAN pada Rabu (21/4) kemarin. Namun dia tidak merinci alasannya mundur dari PAN.

"Saya mundur murni keinginan saya pribadi, karena saya merasa kurang nyaman dan kurang pas, lebih baik saya mundur lebih baik saya berjuang dengan cara saya sendiri. Poinnya di situ," ujarnya.

Yuni enggan menanggapi detail saat disinggung pengunduran dirinya dari PAN otomatis mengubur peluangnya duduk di kursi DPR RI menggantikan Hanafi Rais.

Caleg pengganti antar waktu (PAW) Hanafi Rais di DPR RI, Yuni Astuti, memilih mundur dari PAN.Caleg pengganti antar waktu (PAW) Hanafi Rais di DPR RI, Yuni Astuti, memilih mundur dari PAN. Foto: Istimewa

"Saya punya keyakinan politik bahwa saya kurang nyaman, nggak mau saya menjelekkan partai apapun, tapi saya pribadi saya kurang nyaman dan lebih nyaman kalau saya mundur. Jadi yang tahu hanya saya saja, jangan dikembangkan yang lain-lain," bebernya.

"Keluarga besar ada yang kecewa, tapi kemudian saya beri penjelasan, banyak hal," ujar Yuni.

Diberitakan sebelumnya, Hanafi Rais mundur dari PAN dan keanggotaannya di DPR dari Fraksi PAN, sejak awal Mei 2020 lalu. Hanafi mundur dan mengungkapkan kekecewaannya atas hasil Kongres PAN lalu yang kembali memenangkan Zulkifli Hasan sebagai ketum.

DPP PAN pun telah menyiapkan nama pengganti Hanafi Rais sebagai anggota DPR RI.

(rih/ams)