Mumtaz: Pengganti Hanafi Rais di DPR Diumumkan Awal Tahun Depan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 30 Des 2020 14:24 WIB
Mumtaz Rais
Mumtaz Rais (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

DPP PAN telah menyiapkan nama pengganti Hanafi Rais sebagai anggota DPR RI. Pergantian antar waktu (PAW) tersebut akan berlangsung pada bulan Januari 2021 mendatang.

"Segera akan kita proses setelah tahun baru," kata Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN, Mumtaz Rais, kepada wartawan usai menghadiri Muswil ke-5 DPW PAN DIY di Hotel Grand Inna Malioboro, Kota Yogyakarta, Rabu (30/12/2020).

"Pokoknya secepatnya setelah nanti tahun baru kantor DPR sudah buka, ya langsung kita proses, Januari ini," lanjut Mumtaz yang juga merupakan adik kandung Hanafi Rais.

Mumtaz menyebut peraih suara terbanyak kedua saat pileg DPR RI yang akan mengisi kekosongan kursi DPR RI yang ditinggal kakaknya itu. Jika dilihat dari hasil rekapitulasi Pemilu 2019 KPU di https://pemilu2019.kpu.go.id/#/dprri/rekapitulasi/, peraih suara terbanyak kedua dari PAN setelah Hanafi Rais adalah Yuni Astuti, dengan 7.069 suara.

"Insyaallah yang akan menggantikan posisi Mas Hanafi Rais yaitu suara terbanyak kedua dari dapil DIY, Bu Yuni Astuti," ucapnya.

Plt Ketua DPW PAN DIY Ahmad Yohan juga membenarkan. Menurutnya, untuk proses pergantian antar waktu (PAW) Hanafi Rais memang ditargetkan bulan Januari tahun depan. "Insyaallah dalam waktu dekat, tidak lama lagi, mudah-mudahan di bulan Januari ini proses PAW sudah bisa dilaksanakan. Untuk penggantinya bu Yuni (Astuti)," ucapnya.

Kekosongan kursi keanggotaan di DPR, lanjut Yohan, tidak boleh berlangsung lama karena menyangkut tanggungjawab parpol kepada masyarakat.

"Setahu saya Mas Hanafi secara tegas sudah mengundurkan diri dari PAN dan DPR sehingga kewajiban partai politik tidak mungkin jabatannya dibiarkan kosong karena menyangkut pertanggungjawaban kepada konsituen yang telah memilih mempercayakan PAN 1 kursi di DIY," katanya.

Sebelumnya, Hanafi Rais mundur dari PAN dan keanggotaannya di DPR dari Fraksi PAN, sejak awal Mei 2020 lalu. Hanafi mundur dan mengungkap kekecewaannya atas hasil Kongres PAN lalu yang kembali memenangkan Zulkifli Hasan sebagai ketum.

Dalam surat itu disebutkan Hanafi menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI Fraksi PAN periode 2019-2024. Surat tersebut dibenarkan oleh loyalis Amien Rais, Agung Mozin.

"Bener banget. Iya total mundur (dari kepengurusan, Ketua Fraksi PAN, dan anggota Fraksi PAN DPR RI periode 2019-2024)," ungkap Agung kepada detikcom, Selasa (5/5).

(mbr/sip)