Ingat Lur! Masuk Jateng Wajib Bawa Surat Keterangan Bebas Corona

Febrian Chandra - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 14:24 WIB
Polisi mengecek pengendara yang melintas ke pintu masuk Jateng di Kabupaten Blora, Selasa (20/4/2021)
Polisi mengecek pengendara yang melintas ke pintu masuk Jateng di Kabupaten Blora, Selasa (20/4/2021) (Foto: Febrian Chandra/detikcom)
Blora -

Petugas gabungan memperketat pintu masuk ke Jawa Tengah dari Jawa Timur di Kabupaten Blora. Para pengendara yang melintas di Blora diwajibkan membawa surat keterangan tes antigen bebas virus Corona atau COVID-19.

"Pengetatan pengawasan dilakukan di wilayah perbatasan kecamatan Cepu Blora dengan kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tepatnya di wilayah Ketapang," kata Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama kepada detikcom, Selasa (20/04/2021).

Wiraga mengatakan pengetatan pintu masuk ini dilakukan untuk mengantisipasi larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang. Pantauan di lokasi, Polres Blora juga mendirikan Pos Pam Terpadu Penegak Protokol Kesehatan (3M) Kabupaten Blora.

Di pos tersebut semua kendaraan yang masuk ke wilayah Blora bakal diperiksa. Khususnya kendaraan yang berpelat nomor luar kota.

"Penyekatan ini adalah hari pertama. Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari instruksi Bapak Kapolda bahwa Polres yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Provinsi luar Jawa Tengah melakukan penyekatan di daerah perbatasan. Kita berharap, penjagaan ini bisa mengantisipasi kedatangan pemudik yang hendak mudik Lebaran lebih awal," terangnya.

Tak hanya memeriksa surat kendaraan dan identitas warga, petugas gabungan juga akan mengecek surat keterangan hasil pemeriksaan tes antigen COVID-19. Para pengendara yang memiliki surat keterangan nonreaktif Corona yang masih berlaku bakal diizinkan masuk ke wilayah Blora.

"Jika belum memiliki surat keterangan tes COVID-19, pengendara dari luar kota akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan. Jika ditemukan warga yang suhu badannya di atas normal akan diarahkan ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya.

Simak video 'Aturan SIKM Selama Larangan Mudik Lebaran 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)