Belasan Adegan Pembunuhan Berantai di Kulon Progo Direkonstruksi

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 13:04 WIB
Rekonstruksi pembunuhan dua wanita muda di Kulon Progo, Selasa (20/4/2021).
Rekonstruksi pembunuhan dua wanita muda di Kulon Progo, Selasa (20/4/2021). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom)
Kulon Progo -

Polres Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berantai dua wanita muda dengan tersangka NAF (22) hari ini. Dari total 28 adegan yang sedianya diperagakan tersangka, baru 11 yang terlaksana.

Rekonstruksi kali ini untuk mengetahui detik-detik ketika NAF menghabisi korban pertamanya yaitu Dessy Sri Diantary (22) di Wisma Sermo Asri, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo, Selasa (23/3). Ada tiga tempat yang menjadi lokasi rekosntruksi tersebut, yaitu di depan Rumah Dinas Bupati Kulon Progo yang terletak di sisi utara Alun-alun Wates, sebuah warung kelontong depan GKJ Wates, dan Wisma Dermo Asri. Dari tiga lokasi itu, baru 11 adegan di depan Rumah Dinas Bupati Kulon Progo, dan warung kelontong yang berhasil diperagakan tersangka.

"Total adegan ada 28, tapi dari jumlah itu baru 11 yang sudah dilaksanakan, yaitu 5 di depan rumdin bupati dan 6 warung depan GKJ Wates. Mohon maaf sisanya 17 adegan di Wisma Sermo belum dilanjutkan karena kepentingan penyidikan yang perlu ditambahkan guna memastikan pembuktian," terang Kasubbag Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry, kepada wartawan, Selasa (20/4/2021).

Adapun 11 adegan yang telah terlaksana itu di antaranya saat tersangka berjumpa dengan korban di depan rumah dinas bupati, selanjutnya berboncengan menggunakan sepeda motor milik korban untuk ke Wisma Sermo. Namun sebelumya pelaku mampir dulu membeli minuman bersoda dan tiga butir obat sakit kepala di warung kelontong tersebut.

Sedangkan 17 adegan yang ditunda adalah menggambarkan detik-detik tersangka menghabisi nyawa Dessy. Sebelumnya Dessy terlebih dulu dicekoki minuman yang sudah dicampur obat sakit kepala. Hal itu membuat korban sempoyongan sehingga mudah dihabisi tersangka.

Disinggung kapan sisa adegan itu bisa digelar, Jeffry belum bisa memastikan. "Nanti akan kami kabari termasuk rekonstruksi untuk korban kedua," ujarnya. Sekadar informasi, korban kedua NAF adalahTakdir Sunariati (21) warga Sendangsari, Pengasih. Wanita muda berkaki palsu itu ditemukan tak bernyawa di dalam kantor Dermaga Wisata Pantai Glagah, Jumat (2/4/2021).

Seperti diketahui NAF, telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan dua wanita muda di Kulon Progo. Pemuda asal Tawangsari, Pengasih itu menghabisi nyawa Takdir Sunariati yang mayatnya ditemukan di dalam kantor Dermaga Wisata Pantai Glagah, Jumat (2/4) malam.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...