Melacak Jejak Jozeph Paul Zhang ke Bekas Kontrakannya di Salatiga

Akbar Hari Mukti - detikNews
Senin, 19 Apr 2021 17:47 WIB
Salatiga -

Jozeph Paul Zhang atau yang bernama asli Shindy Paul Soerjomoelyono sedang diburu karena diduga menista agama, diketahui sempat mengontrak sebuah rumah di Kota Salatiga. Namun para tetangga kontrakan yang pernah ditempati Jozeph tak mengenalnya.

"Para tetangga tak mengenal yang bersangkutan," kata salah satu tetangga kontrakan, Sri Dewi ditemui detikcom di Dliko Indah III, Blotongan, Salatiga, Senin (19/4/2021).

Menurutnya sejak kabar tentang Jozeph Paul Zhang viral, para tetangga di kawasan tersebut mulai mencari tahu. Namun tidak ada yang mengetahuinya.

"Sejak viral berita tentang itu memang banyak tetangga yang bertanya. Tapi memang tidak ada yang tahu dengan yang namanya Jozeph Paul Zhang pernah ngontrak di daerah sini," ujarnya.

Rumah di Dliko Indah III Salatiga yang pernah ditempati Jozeph Paul Zhang memang merupakan rumah kontrakan. Sudah banyak orang yang mengontrak di rumah tersebut.

"Memang itu rumah kontrakan. Paling sering mereka ngontrak setahun lalu ganti orang lain lagi. Saat ini sudah ada yang mengontrak lagi," jelas warga lainnya yang enggan disebut namanya.

Salah satu rumah di Dliko Indah yang pernah dikontrak Jozeph Paul Zhang hingga 2012 tampak terawat. Rumah bercat krem, cokelat, dan oranye serta berpagar itu asri dengan beberapa tanaman di halamannya. Tampak beberapa kendaraan diparkir di depan pintu rumah.

Terpisah Ketua RW 11 Perum Dliko Indah, Zainal Abidin mengaku tak mengenal Jozeph Paul Zhang. Zainal tinggal di kawasan tersebut sejak 1987, dan menjadi ketua RW pada 2019.

"Kami selalu mencatat warga yang mengontrak di lingkungan didata. Dan warga yang bersangkutan (Jozeph Paul Zhang) tidak ada," jelas Zainal kepada wartawan.

Sebelumnya, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengungkap Jozeph Paul Zhang pernah mengontrak di Perum Dliko gang III hingga tahun 2012.

"Juga kuliah di UKSW jurusan Pertanian pada 1997, tapi apakah lulus atau tidak kami masih koordinasi dengan UKSW karena data lama," jelas AKBP Rahmad Hidayat saat dihubungi wartawan, hari ini.

Rahmad menyebut meski Jozeph Paul Zhang merupakan warga Tegal, namun dia memiliki KTP Salatiga. Selain itu, Jozeph Paul Zhang diketahui kerap berganti domisili.

"Yang bersangkutan memiliki KTP Salatiga, meski sering berpindah. Tapi tahun 2018 meninggalkan Indonesia, dan dari hasil penelusuran tak ada keluarganya di Salatiga, hanya orang tuanya di Tegal," jelasnya.

(sip/ams)