Ratusan Butir Psikotropika Dilempar OTK ke dalam Lapas Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 13:11 WIB
Ratusan Psikotropika Dilempar ke dalam Lapas Kedungpane Semarang, Rabu (14/4/2021).
Ratusan Psikotropika Dilempar ke dalam Lapas Kedungpane Semarang, Rabu (14/4/2021). (Foto: Dok Lapas Kelas 1A Kedungpane Semarang)
Semarang -

Petugas Lapas Kelas 1 A Kedungpane Semarang menemukan ratusan butir psikotropika yang dilempar dari luar tembok Lapas. Diduga paket berisi psikotropika itu dilempar saat waktu berbuka puasa.

Peristiwa terjadi hari Selasa (13/4) sore kemarin. Kalapas Kedungpane Semarang, Supriyanto mengatakan diduga bungkusan plastik hitam itu dilempar orang tak dikenal (OTK) ketika jam berbuka puasa kemudian ditemukan di dekat pos jaga oleh petugas bernama Riski M Ridwan ketika ganti shift tugas.

"Ditemukan anggota saat aplusan regu siang ke malam. Kita duga pelemparan saat buka puasa," kata Supriyanto dalam siaran pers, Rabu (14/4/2021).

Total ada 390 butir obat-obatan yang didapat dari bungkusan tersebut. Pagi tadi barang bukti diserahkan kepada jajaran Polsek Ngaliyan Semarang.

"Bungkusan itu berisi 200 butir riklona clonazepam dan 190 butir alprazolam yang merupakan psikotropika golongan C," tandas Supriyanto.

"Barang bukti penyelundupan psikotropika sejumlah 390 butir tersebut sudah kami serahkan ke Polsek Ngaliyan untuk diproses lebih lanjut lagi," imbuhnya.

Ia menjelaskan upaya antisipasi penyelundupan barang ke dalam lapas terus dilakukan. Namun Supriyanto juga berharap ada CCTV di luar tembok untuk mengantisipasi pelemparan barang dari luar kawasan Lapas.

"Kami sudah upaya usulkan CCTV di luar dan sudah melakukan kontrol di luar blok dan tembok," tandasnya.

Lihat juga Video: Gergaji Hingga Sajam Ditemukan di Kamar Napi di Lapas Purwakarta

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)