Penjaga Rental Komputer di Yogya Ini Terekam CCTV Cabuli Siswi SMP

Heri Susanto - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 12:35 WIB
Pelaku pencabulan siswi SMP di Kotagede, Yogyakarta
Pelaku pencabulan siswi SMP di Kotagede, Yogyakarta. (Foto: Heri Susanto/detikcom)
Yogyakarta -

Seorang siswi SMP di Kota Yogyakarta berusia 14 tahun menjadi korban pelecehan seksual di rental komputer di kawasan Kotagede, Yogyakarta. Bejatnya, pelaku DS (26), masih berkilah meski barang bukti CCTV sudah merekam perbuatannya.

Kapolsek Kotagede Kompol Dwitavianto menyebut peristiwa pelecehan itu terjadi saat korban datang ke rental komputer bersama adiknya untuk ngeprint tugas sekolah, Sabtu (10/4). Sesampainya di rental komputer di Jl Kemasan Kotagede itu, korban ditemui DS yang bekerja di rental komputer tersebut.

"Korban adik AD ini mau ngeprint tugas sekolah yang file-nya ada di handphone. Kemudian, pelaku yang menghampiri untuk melayani ngeprint," ujar Dwi, diwawancarai wartawan di Mapolsek Kotagede, Rabu (14/4/2021).

Dwi menyebut saat itu, pelaku dan korban duduk bersebelahan. Pelaku duduk di sebelah kanan korban untuk mengerjakan pekerjaan korban. Hingga akhirnya pelaku melecehkan korban.

Dwi menyebut proses penyidikan korban pencabulan ini sulit, terutama untuk mendapatkan kesaksian. Beruntung di tempat kejadian perkara, ada CCTV yang merekam perbuatan bejat pelaku.

"Sampai saat ini pelaku ini tidak mengakuinya. Pelaku mengaku tidak sengaja. Tapi, kami yakin dengan keterangan korban dan CCTV, serta keterangan ahli baik psikolog maupun ahli gesture, berkesimpulan pelaku sengaja melakukan pencabulan ini," tegasnya.

Dwi pun meminta masyarakat tidak menganggap kasus pelecehan seksual ini sebagai hal biasa. Menurutnya dalam Pasal 290 ayat 2 KUHP sudah dijelaskan barang siapa melakukan perbuatan cabul dengan seseorang terancam hukuman tujuh tahun penjara.

"Kami imbau masyarakat kalau ada anaknya yang mencurigakan untuk segera ditanya dengan baik-baik. Jangan sampai mereka menjadi trauma karena pelaku masih bebas," pesan Dwi.

Tonton juga Video: Guru Diduga Cabuli Murid, Tempat Ngaji di Garut Dibakar Warga

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)