FX Rudy Jagokan Prananda Gantikan Megawati, Ganjar: Itu Urusan Kongres

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 17:29 WIB
Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo beradu banteng.
Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy beradu banteng (foto diambil sebelum pandemi COVID-19). (Foto: Istimewa)
Semarang -

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy, menyebut Prananda Prabowo adalah sosok yang layak menggantikan Megawati sebagai Ketua Umum (Ketum) PDIP. Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP, Ganjar Pranowo, menilai hal itu merupakan urusan pada saat kongres.

Ganjar mengatakan halal mengenai pergantian Ketum PDIP akan dibahas di kongres. Saat ditanya soal apakah dukungan dari Rudy itu terlalu cepat, Ganjar juga menegaskan hal itu urusan kongres.

"Itu urusan kongres," tegas Ganjar saat ditemui di kantornya, Senin (12/4/2021).

Jika Rudy mendukung Prananda, lantas siapa yang didukung Ganjar dan dianggap mumpuni menggantikan Megawati sebagai Ketum PDIP?

"Itu yang mendukung di kongres, aku bukan struktural," jawab Ganjar.

Untuk diketahui, Megawati Soekarnoputri sempat berkata tidak keberatan jika kelak ada yang menggantikannya sebagai Ketua Umum PDIP. Namun, dirinya ingin PDIP tetap eksis sebagai partai harapan masyarakat di Indonesia.

Menurut FX Rudy, penerus tampuk kepemimpinan partai haruslah berasal dari trah Soekarno. Prananda dinilainya paling tepat di antara nama-nama trah Soekarno, seperti Puan Maharani hingga Puti Guntur Soekarno.

"Mau tidak mau kita yang ditinggalkan ini harus melanjutkan cita-cita Bung Karno untuk menyejahterakan kaum marhaen. Kader yang layak dan pantas menjadi Ketua Umum PDIP ya Mas Prananda," kata Rudy kepada wartawan di Solo, Sabtu (10/4).

Sebelumnya, Ganjar mengatakan Megawati pasti sudah menyiapkan kader terbaik sebagai penggantinya.

"Bu Mega mengeluarkan pernyataan seperti itu tentunya sudah berpikir matang dan sudah menyiapkan sistem kaderisasinya. Saya kira Bu Mega sudah menyiapkan kader-kader terbaiknya," kata Ganjar di Kabupaten Kendal, Kamis (25/3).

Ganjar menjelaskan jika kader-kader terbaik dari PDIP yang telah disiapkan Megawati Soekarnoputri. Sosok terbaik itu bisa dari anak biologis maupun kader atau anak-anak ideologis Megawati.

"Kader-kader yang disiapkan Megawati kan bisa dari anak-anak biologis seperti Mbak Puan (Puan Maharani) dan Mas Nanan (Mohamad Prananda Prabowo) yang juga sangat aktif di partai. Selain itu juga banyak kader anak-anak ideologis yang juga disiapkan. Saya yakin Bu Mega sudah menyiapkan," jelasnya.

Simak juga 'Politisi PDIP Bicara Soal Indikator Demokrasi di Tubuh Partai':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)