Mak Greg! Gempa Malang M 6,1 Terasa di Wonogiri, Perabot Bergoyang

Aris Arianto - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 15:45 WIB
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Ilustrasi/AFP)
Wonogiri -

Gempa dengan kekuatan magnitudo 6, 1 SR terjadi di wilayah laut selatan Malang, Jawa Timur, siang tadi. Kendati tidak berpotensi tsunami, getaran gempa Malang itu terasa hingga daerah ujung tenggara Jawa Tengah, yakni di Kabupaten Wonogiri.

Sejumlah warga yang dihubungi detikcom mengaku merasakan getaran gempa. Lantai terasa bergetar, sejumlah perabot rumah tangga juga bergoyang-goyang.

"Hanya beberapa detik tapi terasa greg..greg begitu, perabotan di dalam almari seperti piring, gelas, dan lainnya bergoyang-goyang," ungkap Setyani, warga Kecamatan Jatisrono, Sabtu (10/4/2021).

Hal senada disampaikan seorang warga di Kecamatan Ngadirojo, Istiana. Dia mengaku cukup kaget ketika gempa terjadi.

"Dapat info katanya gempa di Malang tapi terasa sampai sini ya," tutur dia.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto mengiyakan getaran gempa terasa oleh sebagian warga Wonogiri. Namun demikian tidak ada kerusakan akibat getaran itu.

"Getarannya hanya kecil," tegas dia.

Semula, gempa Malang tercatat bermagnitudo (M) 6,7. Kini, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan datanya. Gempa Malang bermagnitudo (M) 6,1.

Episenter (pusat) gempa bumi ini terletak pada koordinat 8,83 Lintang Selatan dan 112,5 Bujur Timur, atau pada jarak 96 km arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kedalaman pusat gempa ini adalah 80 km. Terpantau kerusakan terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur.

Dalam keterangannya Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut getaran gempa Malang itu dirasakan di semua Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM). Namun Kepala BPPTKG Hanik Humaida menegaskan hingga saat ini dampak gempa Malang itu tidak mempengaruhi aktivitas Gunung Merapi.

(sip/sip)