Ramai Soal ASPD Matematika SMP di Sleman Bocor, Ini Temuan Disdik

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 19:36 WIB
Ilustrasi matematika atau kalkulus
Ilustrasi matematika (Foto: Getty Images/iStockphoto/jittawit.21)
Sleman -

Soal mata pelajaran matematika untuk asesmen standardisasi pendidikan daerah (ASPD) diduga bocor di salah satu SMP negeri di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dinas Pendidikan Sleman dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY pun angkat bicara terkait kabar ini.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman Ery Widaryana saat dimintai konfirmasi belum bisa memastikan soal matematika itu bocor atau tidak. Menurutnya yang bisa menentukan adalah Disdikpora DIY.

"Kalau untuk memastikan soal itu bocor atau tidak itu kami tidak bisa, karena kewenangan ada di Disdikpora DIY, penyusunan soal di sana, distribusi soal lewat online juga provinsi. Jadi yang bisa menentukan soal bocor atau tidak soal itu ya provinsi (Disdikpora DIY)," kata Ery saat dihubungi wartawan, Kamis (8/4/2021).

Dugaan kebocoran soal itu terjadi pada pelaksanaan ASPD hari kedua yakni pada mata pelajaran matematika. Ery menegaskan pihaknya tidak terlibat penyusunan soal matematika untuk ASPD tersebut sehingga tidak tahu apakah benar soal itu bocor atau tidak.

"Mungkin yang perlu diklarifikasi bahwa di Kabupaten Sleman baru pelaksanaan ASPD di hari kedua ada viral di media sosial adanya soal bocor, pada intinya kami tidak tahu, tidak bisa memastikan soal itu bocor atau tidak. Karena kita tidak tahu soal yang diujikan itu seperti apa, yang tahu nanti Dispora DIY," tegasnya.

Ery mengaku baru mengetahui adanya dugaan kebocoran soal setelah ramai di media sosial. Ia pun kemudian melakukan koordinasi dengan Disdikpora DIY beserta Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk membentuk tim pencari fakta.

"Kami juga tidak tahu, awal mulanya ramai di media sosial. Tadi kami koordinasi dengan Disdikpora DIY dan dinas pendidikan lain, nanti Disdikpora DIY yang akan membentuk tim pencari fakta dari tim teknis dispora dan perwakilan dinas," jelasnya.

"Ramainya hari ketiga, tapi yang diramaikan ujian hari kedua yakni matematika. Iya, hanya ramai di satu sekolah itu," tambahnya.

Ery menyebut soal ASPD matematika yang diduga bocor itu terjadi di SMPN 4 Depok. Pihaknya mengusulkan ke Disdikpora DIY agar mengulang pelaksanaan ASPD matematika di sekolah tersebut.

"Kami dari kabupaten hanya mengusulkan untuk menjaga ketenangan, untuk menjaga kenyamanan termasuk keadilan dan lain sebagainya, kami mengusulkan untuk ASPD Matematika di SMPN 4 Depok diulang, tapi itu yang memutuskan provinsi," ujar Ery.

Sementara itu, Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya mengaku tengah melakukan pencarian fakta terhadap kasus ini. Khususnya di sekolah yang terindikasi ada kebocoran soal untuk menemukan adanya unsur kesengajaan atau tidak.

"Kami sudah klarifikasi ke guru, tadi Disdik Sleman sudah klarifikasi ke guru dan kepsek katanya memang melakukan try out, dia (guru) nyuplik beberapa soal yang digunakan untuk try out dinas lain. Setelah kita lihat, lokalisir dari hasil ujian itu kayaknya terlokalisir hanya di sekolah itu, tidak menyebar ke mana-mana," kata Didik saat dihubungi wartawan hari ini.

Selengkapnya temuan Disdikpora DIY terkait soal ASPD matematika yang diduga bocor...

Selanjutnya
Halaman
1 2