Warga Gunungkidul Tewas Tertimbun Longsor Saat Menambang Batu

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 14:46 WIB
Lokasi penambang yang tewas tertimpa longsoran batu di Ponjong, Gunungkidul, Kamis (8/4/2021).
Lokasi penambang yang tewas tertimpa longsoran batu di Ponjong, Gunungkidul, Kamis (8/4/2021). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul - Seorang warga Pedukuhan Sladi, Kalurahan Umbulrejo, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul, Surawan (27), tewas saat menambang batu di lahan miliknya. Korban tewas setelah tertimpa longsoran batu saat melakukan penambangan secara manual.

Salah seorang warga Pedukuhan Sladi, Catur, mengatakan bahwa kejadian berawal saat korban menambang batu di tanahnya sendiri secara manual pagi hari tadi. Menjelang siang hari dia mendengar kabar jika korban tertimpa runtuhan batu.

"Sampai lokasi tanahnya sudah longsor dan batu menimpa korban. Mungkin karena longsor itu batu besar yang berada di atasnya runtuh," kata Catur saat ditemui wartawan di Pedukuhan Sladi, Kamis (8/4/2021).

Mendapati hal tersebut, Catur dan warga setempat langsung berusaha mengevakuasi korban dengan alat seadanya. Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil dan akhirnya melaporkannya ke Polsek Ponjong.

Ditemui di lokasi yang sama, Kapolsek Ponjong Kompol Sudhono menjelaskan bahwa kemungkinan saat melakukan penambangan, korban tidak memperhatikan kondisi tanah. Tanah di lokasi penambangan diduga labil karena beberapa hari ini diguyur hujan.

"Korban mungkin lupa tanah ini kan tebing yang mudah longsor," kata Sudhono.

Sudhono melanjutkan, upaya evakuasi terhadap korban cukup memakan waktu. Karena untuk memindahkan batu harus menggunakan alat berat.

"Tadi alat berat didatangkan untuk menggeser batu jam 12.30 WIB dan akhirnya mengevakuasi korban yang tertimbun jam 13.30. Untuk kondisi korban saat dievakuasi sudah meninggal," ucapnya.

Usai berhasil dievakuasi, jenazah korban dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan. (rih/sip)