UNS Mulai Kuliah Tatap Muka Hari Ini, Mahasiswa Wajib Swab Antigen

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 12:32 WIB
Solo -

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memulai uji coba kuliah tatap muka atau luring hari ini. Mahasiswa diwajibkan membawa surat hasil tes swab antigen sebagai syarat mengikuti kuliah tatap muka.

Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan para mahasiswa juga wajib mendapatkan izin dari orang tuanya. Apabila syarat tidak terpenuhi, mahasiswa bisa mengikuti kuliah secara daring.

"Kuliah tatap muka ini kita lakukan bersyarat dan bertahap. Syaratnya tentu mendapatkan izin orang tua, kemudian sudah melakukan swab antigen," kata Jamal usai memantau pelaksanaan kuliah tatap muka perdana di UNS, Solo, Rabu (7/4/2021).

Syarat lainnya, peserta wajib mengikuti protokol kesehatan di kampus, yaitu dalam kondisi sehat, melalui pengecekan suhu, mengenakan masker, cuci tangan sebelum masuk kelas dan menjaga jarak.

"Ini kita batasi dua mata kuliah sehari. Mahasiswa setelah kuliah segera pulang saja, tidak boleh berkerumun," ujar Jamal.

Jamal mengatakan kuliah tatap muka dilakukan bertahap dimulai dari mahasiswa semester 2 atau mahasiswa angkatan 2020. Pekan pertama ini diikuti oleh Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keolahragaan.

Kemudian pekan kedua diikuti Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Ilmu Budaya. Pekan ketiga diikuti Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas MIPA dan Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP). Pekan keempat diikuti Fakultas Teknik, Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta FKIP.

"Selain mahasiswa semester 2 juga kita izinkan untuk mahasiswa tingkat akhir, seperti skripsi, disertasi dan lainnya. Harapan kita kalau bisa berjalan baik dan tidak ada masalah, kita tambah lagi semester 4 dan 6," katanya.

Saat ini, kegiatan vaksinasi untuk dosen masih terus berlangsung. Namun dia mengakui belum seluruh dosen menjalani vaksinasi COVID-19.

"Vaksinasi kemarin sudah dosis pertama. Tapi memang belum semua, kita prioritaskan yang usia di atas 60 tahun dan pimpinan, termasuk kepala program studi," ujarnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa program studi Psikologi, FK UNS, Dihya Khalifa, mengaku antusias mengikuti kuliah tatap muka ini. Sebab dia baru pertama kali masuk ke kampus untuk mengikuti kuliah.

"Sangat menarik karena ini pertama kali untuk angkatan 2020. Sejak awal dulu melakukan daring, nggak pernah ke UNS sama sekali. Sangat menarik karena benar-benar untuk mengenal kampus, menambah pengalaman," kata Dihya.

(ams/sip)