Pemprov Jateng Siapkan Jadwal Vaksinasi Corona Siang-Malam Saat Ramadhan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 19:11 WIB
Sejumlah tokoh agama dan guru di Kota Sidoarjo menjalani vaksinasi perdana vaksin AstraZeneca. Pelaksanaan vaksinasi itu ditinjau langsung Presiden Joko Widodo.
Ilustrasi vaksin Corona (Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Semarang -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyiapkan sejumlah skenario untuk pelaksanaan vaksinasi virus Corona atau COVID-19 pada bulan Ramadhan. Vaksinasi COVID-19 itu tak hanya digelar pagi hingga sore, tapi juga malam hari.

"Ada yang siang dan malam, karena ada yang bisa menerima divaksin siang. Kita buat skenario vaksin malam. Tapi teknisnya teman-teman di Dinkes menyiapkan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantornya, Semarang, Selasa (6/4/2021).

"Semua bergantung pada vaksin yang kita nampaknya belum bisa dapatkan banyak sih," imbuhnya.

Ganjar menyebut jadwal layanan vaksinasi COVID-19 antara siang dan malam akan dibagi berdasarkan lokasi. Namun, rencana ini masih akan disiapkan karena tergantung stok vaksin yang ada.

"Ya titiknya aja. Yang pelayanan siang di tempat yang sudah ada, mungkin pelayanan malam di titik tertentu," katanya.

Ganjar menyebut saat ini stok vaksin Corona semakin berkurang namun belum sampai kehabisan stok. Dia menyebut warga cukup antusias dengan program vaksinasi COVID-19 ini.

"Belum terlalu bagus sih, ada tambahan perhatian ini 200 ribuan (dosis) kalau tidak salah," ujarnya.

Dia menambahkan dari hasil komunikasi dengan Menteri Kesehatan, upaya percepatan vaksinasi lansia masih berjalan. Sehingga target vaksinasi pun bisa terpenuhi.

"Maka kami ingin mengejar target lebih banyak lansia yang divaksin. Yang siap siang ya siang. Yang kemungkinan menghendaki malam kita siapkan," imbuh Ganjar.

(ams/rih)