Dinkes Brebes Tetap Vaksinasi Saat Ramadhan, Dikemas Buka Puasa Bersama

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 18:18 WIB
Vaksinasi Corona di Kabupaten Brebes.
Vaksinasi Corona di Kabupaten Brebes. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan tetap melaksanakan vaksinasi virus Corona atau COVID-19 selama bulan Ramadhan nanti. Dalam pelaksanaannya, akan dikemas dalam acara buka puasa bersama.

Kepala Dinas Kesehatan Brebes dr Sartono menyampaikan, vaksinasi Corona tidak akan berhenti saat bulan puasa Ramadhan. Hanya saja, pelaksanaan vaksin diupayakan tidak mengganggu ibadah puasa.

"Kami tetap jalan kegiatan vaksinasi selama puasa nanti. Ini program pemerintah yang harus tetap dilaksanakan. Hanya nanti harus disesuaikan pelaksanaannya supaya tidak mengganggu orang yang sedang berpuasa," kata Sartono kepada wartawan di kantornya, Selasa (6/4/2021).

Soal teknisnya, Sartono menambahkan, Dinas Kesehatan telah mengirimkan surat edaran ke tiap-tiap Puskesmas, berisi agar mengemas pelaksanaan vaksinasi sesuai kondisi masyarakat selama puasa. Salah satu caranya, dia mencontohkan, dikemas dalam acara buka puasa bersama.

"Teknisnya saya serahkan ke masing-masing Puskesmas. Ada yang dilakukan dalam kemasan buka puasa bersama. Ini cara paling bagus, karena sebelum buka bisa dipakai untuk skrining dan baru disuntik setelah buka puasa," terang Sartono.

Bagi yang menggunakan cara lain, dia menyarankan agar dilaksanakan lebih pagi. Alasannya, kondisi perut belum terlalu kosong karena masih pagi.

"Kalau mau vaksinasi seperti biasa juga boleh. Tapi harus lebih pagi karena perut belum terlalu kosong. Untuk itu kami sarankan kepada yang akan vaksin, untuk mengakhirkan makan sahur," saran Sartono.

Sesuai jadwal, sasaran vaksinasi pada bulan puasa nanti adalah lansia untuk dosis dua dan para kader kesehatan. Ada sekitar 8.000 lansia yang sesuai jadwal akan divaksin dalam bulan puasa ini. Sedangkan kader kesehatan jumlahnya mencapai 20 ribu orang. (rih/sip)