324.000 Batang Rokok Ilegal Senilai Rp 331 Juta Disita Bea Cukai Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 17:05 WIB
324.000 batang Rokok ilegal disita Bea Cukai Kudus
324.000 batang Rokok ilegal disita Bea Cukai Kudus. (Foto: Dok. Bea Cukai Kudus)
Kudus -

Sebanyak 324.000 batang rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah disita Bea Cukai Kudus. Ratusan ribu rokok itu siap kirim dan sudah dimuat di sebuah kendaraan.

"Sarana pengangkut jenis minibus ditindak oleh petugas Bea Cukai Kudus, karena didapati dan digunakan untuk mengangkut rokok ilegal di Desa Buaran, Kecamatan Mayong, Jepara, Kamis (1/4) kemarin," terang Kepala Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo kepada wartawan dalam keterangan tertulis, Jumat (2/4/2021).

Gatot mengatakan dalam penindakan itu pihaknya menyita sebanyak 324.000 batang rokok ilegal jenis SKM. Dari penyitaan rokok itu diperkirakan nilai barang mencapai Rp 331,29 juta.

"Perkiraan nilai barang mencapai Rp 331,29 juta dan potensi kerugian negara sebesar rp 217,72 juta," kata Gatot.

Dia menjelaskan kejadian itu bermula saat Kamis (1/4) malam mendapatkan informasi ada sebuah mobil siap mengirimkan rokok ilegal dari wilayah Jepara. Setelah mendapatkan informasi petugas Bea Cukai Kudus kemudian melakukan penyisiran mencari keberadaan mobil yang membawa rokok ilegal.

"Kejadian itu bermula sekitar pukul 22.00 WIB petugas memperoleh informasi tentang adanya sarana pengangkut rokok ilegal dari Jepara," ucapnya.

"Tim selanjutnya melakukan penyisiran di jalan Desa Buaran Kecamatan Mayong dan sekitar pukul 23.00 tim mendapati mobil sesuai yang diinformasikan sedang terparkir di depan sebuah rumah tinggal," lanjutnya.

Benar saja, kata dia petugas Bea Cukai mendapati sebuah mobil terparkir di depan warga Desa Buaran Kecamatan Mayong. Sayang dalam kejadian tersebut pemilik mobil sudah tidak ada.

"Tim segera melakukan pemeriksaan atas mobil tersebut. Tidak didapati sopir atau pemilik mobil, namun ditemukan rokok ilegal," terang Gatot.

Kini seluruh barang rokok ilegal dibawa ke Bea Cukai Kudus. Menurutnya seorang rokok masyarakat pun diperiksa sebagai saksi atas penindakan rokok ilegal tersebut.

"Seluruh barang bukti berupa sarana pengangkut dan rokok ilegal dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus. Seorang tokoh masyarakat di desa itu diminta untuk menjadi saksi atas pemeriksaan oleh petugas Bea Cukai Kudus terhadap barang bukti sarana pengangkat dan rokok ilegal yang disita," ungkap Gatot.

(mbr/mbr)