TKI Asal Karanganyar Ditemukan Tewas Mengambang di Perairan Karimun Kepri

Andika Tarmy - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 13:24 WIB
Adik korban TKI yang ditemukan meninggal di Perairan Karimun, Triyono saat ditemui di rumah duka Karanganyar
Adik korban TKI yang ditemukan meninggal di Perairan Karimun, Triyono saat ditemui di rumah duka Karanganyar (Foto: Andika Tarmy/detikcom)

Triyono mengatakan, korban meninggalkan istri dan tiga anak. Saat ini pihak keluarga tengah menunggu kedatangan jenazah korban.

"Kabar terakhir dipulangkan melalui jalur udara. Kemungkinan nanti malam atau besok sudah tiba. Rencana dimakamkan di TPU Bakaran," imbuhnya.

Dimintai konfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM (Disdagnakerkop & UMKM) Karanganyar, Martadi mengatakan, korban tidak tercatat dalam database pekerja migran legal di dinas. Pihaknya akan memastikan apakah korban berangkat melalui jalur ilegal maupun kemungkinan-kemungkinan lain.

"Yang TKI Jumantono itu kita buka datanya tidak ada, jadi dia tidak lewat dinas. Ya (bisa dikatakan) ilegal atau ada kemungkinan lain, makanya ini akan kita cek," ujar Martadi.

Martadi menyebut, kemungkinan lain tersebut yakni korban mendaftar melalui Disnaker di daerah lain. Meskipun menurutnya, sejak 2011 para TKI wajib mendaftar melalui dinas di wilayah asal masing-masing.

"Kemungkinan lewat daerah lain bisa juga kalau itu memang sudah sejak lama berangkatnya. Tapi (aturan) sejak 2011 harus sesuai KTP, orang Karanganyar harus lewat (Disnaker) Karanganyar. Makanya ini saya mau cek ke sana untuk memastikan," pungkasnya.

Halaman

(ams/mbr)