Angin Puting Beliung Terjang Kudus, Belasan Rumah Rusak

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 18:13 WIB
Tim BPBD Kudus mengecek lokasi angin puting beliung di Desa Gulang, Kudus, Senin (29/3/2021)
Tim BPBD Kudus mengecek lokasi angin puting beliung di Desa Gulang, Kudus, Senin (29/3/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Angin puting beliung terjadi di area tambak di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kudus, Jawa Tengah. Akibat diterjang angin puting beliung itu belasan rumah warga rusak.

Video berdurasi 36 detik tentang angin puting beliung di tambak warga itu ramai di media sosial. Dalam video itu tampak warga melarikan diri saat melihat putaran angin puting beliung di tambak tersebut.

Dimintai konfirmasi, Staf BPBD Kudus, Mas Agus Hartono, membenarkan adanya peristiwa angin puting beliung yang terjadi di tambak warga Desa Gulang. Kejadian angin puting beliung terjadi sekitar pukul 15.00 WIB tadi.

"Itu angin yang di tambak. Dampak rumah warga (yang mengalami kerusakan), kalau tambak tidak masalah (tidak ada kerusakan dan korban jiwa)," kata Staf BPBD Kudus Mas Agus Hartono kepada detikcom di lokasi, Senin (29/3/2021).

Agus mengatakan akibat dari angin puting beliung ada belasan rumah di Desa Gulang mengalami kerusakan sedang, dan ada dua titik pohon tumbang. Pihaknya pun mengerahkan 30 personel relawan BPBD untuk membantu warga dan mengevakuasi pohon tumbang.

"Informasi puting beliung ada belasan rumah, atapnya rusak sedikit. Penanganan kita sudah melakukan evakuasi. Kita ada 30 personel yang kita sebar," jelasnya.

"Pohon ada membahayakan kita potong, dan pohon yang menimpa rumah satu kejadian, itu pun hanya rantingnya saja. Lalu pohon tumbang ada dua titik," lanjut Agus.

Diwawancara terpisah, Camat Mejobo Fitriyanto menambahkan kejadian angin puting beliung terjadi pada 15.00 WIB tadi. Pihaknya mencatat ada belasan rumah di RT 6/RW 2 Desa Gulang mengalami kerusakan, mayoritas di bagian atap.

"Kronologinya pukul 15.00 WIB terjadi angin puting beliung tepatnya di Desa Gulang RT 6/RW 2, mengakibatkan 11 rumah kerusakan, kerusakan di genteng pada terbang. Sudah dievakuasi tim relawan desa, kecamatan untuk membantu warga yang terdampak," jelas Fitriyanto saat ditemui di lokasi sore tadi.

Fitriyanto menyebtu tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Kerugian akibat angin puting beliung masih didata oleh petugas BPBD Kudus.

"Korban jiwa tidak ada, rumah rusak kategori sedang. Rencana akan mengupayakan genting yang terbang dan rusak akan dibantu," tambahnya.

Tonton juga Video: Puting Beliung di Perairan Barru Picu Kepanikan Nelayan

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)