Pascabom Makassar, Tim Brigadir Anjing Dikerahkan Cek Bandara Solo

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 17:55 WIB
Brigadir anjing diturunkan untuk sisir bandara Adi Soemarmo, Boyolali pascaledakan bom Makassar. Foto dok tim bandara.
Brigadir anjing diturunkan untuk sisir bandara Adi Soemarmo, Boyolali pascaledakan bom Makassar. (Foto: dok Istimewa)
Boyolali -

Pascaledakan bom Makassar pihak Bandara Adi Soemarmo, Boyolali memperketat pengamanan area bandara. Tim patroli gabungan dari aviation security (avsec) hingga brigadir anjing turut dikerahkan melakukan pemeriksaan di area bandara.

"Avsec bandara beserta tim gabungan dari Lanud Adi Soemarmo yang menurunkan Brigadir Anjing (Brigan) melakukan pemeriksaan di Terminal Bandara. Pemeriksaan ini dilakukan untuk lebih waspada pasca-pengeboman area rumah ibadah di Makassar, mengingat bandara adalah objek vital Negara," jelas General Manager Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan, dalam siaran persnya, Senin (29/3/2021).

Ajat menerangkan tim gabungan itu meliputi Avsec, Satpom, Brigadir Anjing, dan BKO dari TNI AU. Selain pemeriksaan di area terminal Bandara Adi Soemarmo, pemeriksaan juga dilakukan di bagian kargo dan area parkir bandara.

Ajat memastikan pihaknya bakal meningkatkan pemeriksaan di pos kendaraan yang akan masuk ke area bandara. Kemudian di perimeter sesuai dengan standar operational procedure (SOP) terhadap orang maupun kendaraan yang akan memasuki area airside.

Untuk diketahui, peristiwa teror bom di Makassar itu terjadi usai Misa Minggu Palma di Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) kemarin. Polisi menyebut aksi bom bunuh diri di Makassar itu dilakukan sepasang suami istri, berinisial L dan YSF.

Pasangan suami istri itu baru menikah selama 6 bulan. Usai mengungkap keduanya, pihak kepolisian lalu menelusuri tersangka lainnya. Hingga kini sudah ada total 13 tersangka yang diamankan oleh Densus 88 antiteror di 3 wilayah.

13 terduga teroris itu ditangkap di Makassar, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jakarta dan Kabupaten Bekasi. Dengan rincian, 4 ditangkap di Makassar, 5 di NTB, dan 4 di Jakarta dan Kabupaten Bekasi.

Lihat juga Video: Penyelidikan Polisi, Pasutri Bomber Makassar Menikah 6 Bulan Lalu

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)