Detik-detik Muncul Kepulan Asap di SPBU Kudus Terekam Kamera

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 20:10 WIB
Penampakan kepulan asap yang muncul di SPBU Panjang Kudus, Rabu (24/3/2021).
Foto: dok. tangkapan layar kepulan asap yang muncul di SPBU Panjang Kudus
Kudus -

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kudus, Jawa Tengah, tiba-tiba mengeluarkan asap. Kejadian tersebut pun terekam kamera warga.

Video berdurasi 21 detik tentang kepulan asap di SPBU Kudus tersebar di media sosial. Pada video itu terlihat ada kepulan asap di SPBU Panjang, Kecamatan Bae. Tampak petugas dengan sigap menyemprotkan dengan alat pemadam.

Unit Manager Communication, Relations and Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Marketing Operations Region IV Regional Jawa Tengah Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, membenarkan kejadian tersebut. Kejadian itu, kata Brasto, terjadi di salah satu lokasi di SPBU Panjang.

"Kejadian sore tadi sekitar pukul 17.00 WIB," jelas Brasto saat dimintai konfirmasi wartawan lewat pesan singkat, Rabu (24/3/2021).

Beruntung peristiwa itu bisa segera tertangani dengan cepat. Petugas langsung tanggap saat muncul kepulan asap.

"Petugas kemudian dengan cepat tanggap berupaya menyemprot kepulan asap dengan alat pemadam api ringan," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya masih melakukan investigasi penyebab terjadinya kepulan asap tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sedangkan total kerugian masih didata.

"Penyebabnya masih kami investigasi, untuk sementara dispenser lokasi keluarnya asap ditutup demi keamanan. Nanti akan dilakukan pengecekan sarana prasarana untuk memastikan keamanan sebelum dispenser dibuka kembali," terang Brasto.

(ams/rih)