Pemda DIY Dukung Rencana JK Soal Masjid Jadi Tempat Vaksinasi Corona

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 12:55 WIB
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji bicara mengenai Piala Menpora 2021.
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan mulai bulan depan masjid dapat menjadi tempat vaksinasi COVID-19, khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar masjid. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendukung rencana JK tersebut.

"Tidak masalah, kalau memang kelompok masyarakat akan menggunakan masjid untuk vaksin tidak ada persoalan. Jadi silakan saja tidak ada masalah," kata Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda DIY) Kadarmanta Baskara Aji saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Yogyakarta, Rabu (24/3/2021).

Aji berpendapat kegiatan vaksinasi Corona harus dilakukan di tempat yang nyaman. Berbeda dengan area untuk tes swab PCR yang memang harus digelar di tempat terbuka.

"Karena proses vaksinasi itu berbeda dengan proses testing ya, kalau testing swab biasanya dicari yang outdoor (ruang terbuka) supaya aman. Tetapi kalau untuk vaksinasi kita cari tempat yang nyaman. Dalam arti nyaman itu ya tidak kepanasan, ada sirkulasi udara yang baik dan boleh menggunakan ruangan ber-AC," urai Aji.

Untuk mendukung rencana JK itu, kata Aji, Pemda DIY bisa menujuk masjid maupun tempat ibadah lain untuk menjadi lokasi vaksinasi COVID-19. Hal ini untuk mempercepat pemenuhan target vaksinasi Corona di Yogyakarta.

"Bisa saja, tidak apa-apa. Jadi bisa saja masjid dipakai, masjid dipakai, gereja dipakai tidak masalah," ucap Aji.

Sebelumnya, JK mengatakan mulai bulan depan masjid bisa menjadi tempat vaksinasi bagi warga yang tinggal di sekitar masjid. Syaratnya masjid itu memiliki halaman dan bangunan yang luas serta fasilitas pendukung lainnya.

Hal ini untuk mempercepat pemenuhan target vaksinasi COVID-19 demi menciptakan imunitas di tengah masyarakat terhadap virus Corona. Sehingga dibutuhkan ribuan tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan memiliki sarana penunjang pelaksanaan vaksinasi, dan masjid memenuhi syarat untuk itu.

"Saya baru melaksanakan persetujuan dengan Menteri Kesehatan bahwa mulai bulan depan vaksin akan diadakan di masjid, di masjid yang besar dan mempunyai fasilitas dan perlengkapan yang baik, seperti aula, selasar, halaman yang luas dan ruangan yang bisa dipakai untuk vaksin," kata JK dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/3).

Simak juga video 'Peneliti Ungkap Virus Corona Bisa Picu Diabetes pada Pasien':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)