Ganjar Capres Urutan 2 Pilihan Anak Muda, PDIP: Calonnya Belum Diputuskan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 16:36 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Foto: Ilustrasi. (Andhika Akbaransyah)
Semarang -

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali muncul dalam survei capres potensial tahun 2024, terakhir menduduki posisi kedua capres terkuat di kalangan pemuda hasil survei Indikator Politik Indonesia. Namun PDI Perjuangan (PDIP) memastikan belum memutuskan siapa capres 2024 dan belum percaya dengan hasil survei di luar partai.

Hal itu diungkapkan Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto, saat ditanya terkait nama Ganjar yang muncul di beberapa survei. Ia menjelaskan Ganjar dalam survei Pilgub Jateng 2013 hanya 3 persen, namun dengan upaya dari seluruh komponen partai bisa menang. Contoh tersebut untuk menunjukkan hasil survei saat ini tidak jadi patokan.

"Ganjar Pranowo dulu ketika lawan Bibit surveinya berapa? Ketika ditetapkan lawan Pak Bibit survei berapa? 3 persen, bos. Bisa menang? Bisa, faktanya terjadi tahun 2013. Siapa yang kerja? Semua orang bekerja. Terutama barisan partai bekerja. Ganjar tentu juga bekerja, tetapi barisan partai kerja luar biasa," kata Bambang di Hotel Patra Semarang, Selasa (23/3/2021).

"Jadi survei hari ini itu hanya untuk enak dilihat. Petempur lapangan pasti paham kapan memulai pertempuran," imbuhnya.

Ia menegaskan belum ada keputusan partai terkait capres 2024. Keputusan ada pada Ketua Umum PDIP Megawati untuk menunjuk siapa yang mendapat rekomendasi sebagai capres.

"Partai PDI Perjuangan belum memutuskan siapapun calonnya. Kalau dengan cara elektoral dianggap tinggi, kemudian bisa direkomendasikan Bu Mega, Bambang Pacul yang akan katakan. Survei tidak terlalu penting hari ini. Next ketika pertempuran mau dimulai. Saya Ketua Pemenangan Pemilu Jateng, Ketua Pemenangan Pemilu DPP mengatakan hari ini survei nggak penting. Today nggak, nanti pertempuran," tegasnya.

Untuk diketahui, survei terakhir dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia yang digelar pada 4-10 Maret 2021 menunjukkan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil jadi tiga kandidat capres terkuat pilihan anak muda. Namun demikian elektabilitasnya tidak ada yang dominan.

Metode survei yang digunakan simple random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya sebagai berikut:

-Anies Baswedan 15,2 persen
-Ganjar Pranowo 13,7 persen
-Ridwan kamil 10,2 persen
-Sandiaga uno 9,8
-Prabowo Subianto 9,5 persen
-Agus Harimurti Yudhoyono 4,1 persen
-Erick Thohir 1,5 persen
-Tito Karnavian 1,2 persen
-Puan Maharani 1,1 persen
-Gatot Nurmantyo 0,8 persen
-Khofifah Indar Parawansa 0,7 persen
-Maruf Amin 0,4 persen
-Budi Gunawan 0.4 persen
-Bambang Soesatyo 0,4 persen
-Airlangga Hartanto 0,2 persen
-Mahfud Md 0,2 persen
-Muhaimin Iskandar 0,0 persen

Sementara itu Ganjar ditanya soal hasil survei Indikator masih enggan menjawab. Ganjar memang selalu menanggapi singkat saat ditanya soal survei capres yang menyebut namanya.

"Baik-baik saja," kata Ganjar kepada detikcom saat ditanya soal survei Indikator, hari ini.

(rih/sip)