Menakar Peluang Anies, Ganjar dan RK Maju Pilpres 2024

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 12:07 WIB
Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil di Balai Kota DKI (Dok. Detikcom)
Foto: Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil di Balai Kota DKI (Dok. Detikcom)
Jakarta -

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil menjadi tiga besar capres pilihan anak muda hasil survei Indikator Politik Indonesia. Lantas apakah ketiganya benar-benar akan maju Pilpres 2024 atau berakhir sebagai wacana?

"Dari tiga tokoh yang muncul sebagai top 3 di mata pemilih muda ketiga-tiganya memang punya tantangan tersendiri untuk mendapatkan tiket maju sebagai capres. Kebetulan tiga-tiganya bukan orang yang menentukan di partai, apalagi RK dan Anies dua-duanya bukan kader partai manapun. Ganjar meskipun kader partai tapi bukan pemegang remot kontrol partai, apalagi ada Puan Maharani yang tentu saja lebih punya previlege," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, saat berbincang dengan wartawan, Senin (22/3/2021).

Meski ketiganya bukan orang yang menentukan di parpol namun peluang untuk maju Pilpres 2024 masih terbuka. Burhanuddin mencatat sejak era Pilpres langsung elektabilitas personal juga jadi faktor penting untuk mendapatkan tiket Pilpres.

"Jadi tidak semata-mata posisi di parpol tapi pertimbangan elektabilitas juga menentukan," imbuhnya.

Pemilihan langsung juga membuat parpol akan memantau perkembangan elektabilitas para capres ini. Mereka yang elektabilitasnya terus naik bisa saja tetap diusung agar bisa turut mendongkrak perolehan suara parpol di Pemilu 2024.

Namun demikian elektabilitas ketiganya sebetulnya tidak istimewa. Hasil survei Indikator Politik sebelumnya kepada masyarakat umum pun menunjukkan tidak ada capres yang elektabilitasnya dominan.

"Jadi poin saya adalah dengan elektabilitas Anies, Ganjar dan RK yang tidak terlalu dominan dan nama-nama lain masih bisa membuat kejutan. Saya kira parpol akan wait and see menunggu di antara ketiga nama yang muncul siapa yang memiliki elektabilitas paling tinggi. Kalau elektabilitas mereka terus naik partai akan mengantre untuk menominasikan mereka," simpulnya.

Survei capres terbaru Indikator Politik Indonesia digelar pada 4-10 Maret 2021. Metode survei yang digunakan simple random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.


Hasilnya sebagai berikut:

-Anies Baswedan 15,2 persen
-Ganjar Pranowo 13,7 persen
-Ridwan kamil 10,2 persen
-Sandiaga uno 9,8
-Prabowo Subianto 9,5 persen
-Agus Harimurti Yudhoyono 4,1 persen
-Erick Thohir 1,5 persen
-Tito Karnavian 1,2 persen
-Puan Maharani 1,1 persen
-Gatot Nurmantyo 0,8 persen
-Khofifah Indar Parawansa 0,7 persen
-Maruf Amin 0,4 persen
-Budi Gunawan 0.4 persen
-Bambang Soesatyo 0,4 persen
-Airlangga Hartanto 0,2 persen
-Mahfud Md 0,2 persen
-Muhaimin Iskandar 0,0 persen

Simak video 'Anies Hingga Prabowo Jadi Capres Teratas Pilihan Anak Muda Versi Indikator':

[Gambas:Video 20detik]



(van/hri)