Ratusan Napi Nusakambangan Positif Corona, Lapas Lakukan Langkah Ini

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 10:12 WIB
Jelang eksekusi 5 terpidana mati di pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, suasana Dermaga Wijayapura terlihat normal, Jumat (16/1/2015). Tak tampak penjagaan dari pihak kepolisian yang begitu mencolok di dermaga penyebrangan menuju pulau tersebut.
Dermaga Wijayapura (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Cilacap -

Ratusan Narapidana dan petugas di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif Corona. Pihak Lapas Nusakambangan segera melakukan langkah-langkah cepat untuk penanganan, termasuk memperketat dermaga pintu masuk.

"Untuk narapidana (yang terpapar) dipisahkan bloknya (tidak bercampur dengan napi yang lain). Untuk pegawai seluruhnya di isolasi mandiri di rumah masing-masing dan berkoordinasi terus menerus dengan Dinkes untuk pemberian vitamin dan obat-obatan," kata Koordinator Lapas se-Nusakambangan, Yuswa Panjang, Selasa (23/3/2021).

Untuk penanganan narapidana yang terpapar, pihaknya menunjuk pegawai khusus yang dilengkapi dengan protokol kesehatan ketat. "Untuk yang menangani narapidana positif ditunjuk pegawai khusus dengan perlengkapan prokes dan petugas yang pernah positif karena memiliki anti bodi ini kita lakukan sesuai petunjuk dari pimpinan kami," ujarnya.

Pihaknya memperketat pintu masuk di Dermaga Wijayapura menuju pulau Nusakambangan. "Semua tamu harus melampirkan bukti antigen atau swab PCR dan semua wajib menggunakan masker dan sarung tangan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan Narapidana di Lapas Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19.

"Tanggal 22 Maret, Tim Labkesda bekerja sama dengan tim Puskesmas melakukan swab antigen di Lapas Kembang Kuning. Hasilnya dari narapidana yang diperiksa sebanyak 398 orang, 197 narapidana positif antigen dan 201 negatif antigen," kata Pramesti melalui pesan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (23/3).

Selain narapidana, lanjut dia sebanyak tiga dari 50 orang petugas Lapas Kembang Kuning juga dinyatakan positif setelah melakukan tes antigen. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak Lapas Nusakambangan untuk melakukan langkah langkah selanjutnya.

Simak juga '8 Tahanan di Lapas Ciamis Titipan Kejaksaan Positif Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)