Bocah 9 Tahun Hilang di Muara Sungai Serang Kulon Progo Ditemukan Tewas

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 18:18 WIB
Proses evakuasi bocah 9 tahun yang tenggelam di muara Sungai Serang, Kulon Progo, Senin (22/3/2021).
Proses evakuasi bocah 9 tahun yang tenggelam di muara Sungai Serang, Kulon Progo, Senin (22/3/2021). Foto: dok Basarnas Yogyakarta
Kulon Progo -

Upaya tim SAR gabungan mencari bocah yang hilang di muara Sungai Serang, Temon, Kulon Progo, kemarin akhirnya membuahkan hasil. Korban berinisial J (9) ditemukan dalam kondisi meninggal.

"Pencarian terhadap satu orang tenggelam di muara Sungai Serang, Kulon Progo pada hari ke-2 ini akhirnya membuahkan hasil," kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Wahyu Efendi kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Wahyu mengatakan jasad korban ditemukan pada pukul 15.30 WIB tadi. Lokasi penemuan jenazahnya tidak jauh dari tempat korban tenggelam.

"Pada pukul 15.30 WIB korban tenggelam ditemukan oleh tim SAR gabungan. Korban ditemukan dengan jarak 20 meter ke utara dari lokasi kejadian," jelasnya.

Korban pertama kali ditemukan oleh search and rescue unit (SRU) darat yang menyisir dari sebelah barat. Korban ditemukan mengapung di permukaan air.

"Kemudian SRU darat yang melihat langsung turun ke air untuk mengamankan jasad korban agar tidak tenggelam kembali," urainya.

Usai ditemukan, korban kemudian dievakuasi dan dibawa oleh tim perahu karet ke posko SAR gabungan. Upaya pencarian di hari kedua ini juga dinyatakan ditutup.

"Jasad korban dievakuasi oleh tim SAR gabungan ke RSUD Wates. Dengan ditemukannya korban, operasi SAR dinyatakan di tutup," terang dia.

Sebelumnya diberitakan, bocah berusia 9 tahun yang tengah berwisata tenggelam di muara Sungai Serang, Glagah, Temon, Kulon Progo, Minggu (21/3).

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Wahyu Efendi menjelaskan korban diketahui warga Panjatan, Kulon Progo. Ia tenggelam ketika bermain di muara bersama saudaranya.

Ia menjelaskan kejadian itu bermula saat korban yang merupakan wisatawan sedang bermain air di muara.

"Kronologi yang kami dapat korban datang ke Pantai Glagah bersama saudaranya pukul 06.40 WIB dan langsung bermain air di muara bersama saudaranya," jelas Wahyu kemarin.

Tonton juga Video: Bocah Hilang Tenggelam di Bekas Galian Pasir Purwakarta

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)