10 Sekolah di Yogyakarta Bakal Uji Coba Belajar Tatap Muka Terbatas

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:43 WIB
Poster
Ilustrasi sekolah di masa pandemi Corona (Foto: Edi Wahyono)
Yogyakarta -

Pemerintah resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro hingga tanggal 5 April dan memperbolehkan pembelajaran tatap muka secara terbatas. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) menyebut ada 10 sekolah yang siap melakukan pembelajaran tatap muka.

"Vaksinasi tenaga pendidik, kalau di data kita kemarin kan sebagian mulai hari ini (divaksin) di 10 sekolah dimulai (tatap muka), mulai divaksin," kata Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya saat ditemui wartawan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (18/3/2021).

Didik mengatakan vaksinasi guru di 10 sekolah itu bertujuan untuk menyiapkan sekolah tatap muka secara terbatas. Pihaknya juga akan menggelar simulasi sekolah tatap muka di 10 sekolah tersebut.

"Setelah PPKM selesai, setelah tanggal 22 bisa dimulai uji coba secara terbatas. Di Kota itu SMA 9 sama SMKN 1, dan lainnya masing-masing 2 sekolah di seluruh Kabupaten di DIY," terang Didik.

Terpisah, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan sekolah tatap muka terbatas ini sudah bisa digelar. Sebab, banyak tenaga pendidik yang sudah mendapatkan vaksin virus Corona atau COVID-19.

"Bisa (pembelajaran tatap muka untuk SMA dan SMK) nanti jadi kebijakan lokal, nanti kita akan coba lakukan uji coba. Tetapi nanti kita kaji dulu terbatasnya seperti, apa hanya cukup 2 jam apa separuh saja, khusus untuk guru yang sudah divaksin," ujar Aji.

Aji menyebut pihaknya juga bakal melakukan kajian dari 10 sekolah yang melakukan simulasi pembelajaran tatap muka. Hal ini untuk mempertimbangkan kebijakan selanjutnya untuk anak-anak sekolah di masa pandemi COVID-19.

"Karena dari nasional yang dibolehkan perguruan tinggi. Tapi lihat kondisi di DIY sudah stabil teman-teman pendidikan melakukan kajian, nanti hasil kajiannya dari Disdik dilaporkan ke Pak Gubernur (DIY)," terang Aji.

Lihat juga Video: Tinjau Vaksinasi Guru Makassar, Jokowi Ingin Sekolah Bisa Tatap Muka

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)