Kuliah Tatap Muka-Pertunjukan Seni di DIY Diizinkan secara Terbatas

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:17 WIB
Sekda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji
Sekda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro hingga tanggal 5 April. Salah satu aturan baru adalah mengizinkan kuliah tatap muka dan pertunjukan seni budaya secara terbatas.

"Bahwa PPKM mikro akan diperpanjang sampai dengan tanggal 5 April, jadi 2 minggu," kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji saat ditemui wartawan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (18/3/2021).

Aji menyebut ada penambahan aturan baru terkait perpanjangan PPKM mikro di DIY. Aturan itu terkait dengan izin pembelajaran atau kuliah secara tatap muka untuk universitas.

"Pada prinsipnya sama dengan yang kemarin. Yang ditambahkan adalah boleh ada pembelajaran tatap muka tetapi khusus untuk mahasiswa dan bersifat terbatas," katanya.

"Lalu pertunjukan-pertunjukan seni budaya itu boleh dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan maksimal penonton 25 persen dari kapasitas," imbuh Aji.

Menyoal pertimbangan perpanjangan PPKM mikro, Aji mengaku karena PPKM mikro efektif menekan laju kasus COVID-19. Dia berharap tren positif ini akan terus berlanjut.

"Sudut pandangnya positif, karena PPKM dirasa dan dipandang bisa menekan angka konfirmasi. Untuk itu dilanjutkan (PPKM mikro)," ucapnya.

Tonton Video: Tinjau Vaksinasi Guru Makassar, Jokowi Ingin Sekolah Bisa Tatap Muka

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)