Sejumlah SD di Boyolali Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 14:33 WIB
Uji coba sekolah tatap muka di SD Negeri 9 Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (18/3/2021).
Uji coba sekolah tatap muka di SD Negeri 9 Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (18/3/2021). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali -

Sejumlah Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mulai menggelar uji coba sekolah tatap muka. Namun tidak semua kelas mulai masuk sekolah.

"Kami mulai uji coba pembelajaran tatap muka (PTM)," kata Kepala SDN 9 Boyolali, Ngatmi, kepada para wartawan, Kamis (18/3/2021).

Penerapan protokol kesehatan di sekolah dilaksanakan secara ketat, yaitu siswa wajib memakai masker, kemudian saat memasuki gerbang sekolah dilakukan pengecekan suhu badan. Para siswa diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di air mengalir dan menggunakan sabun sebelum masuk kelas.

Di samping itu siswa diwajibkan membawa hand sanitizer pribadi meskipun di sekolah juga menyediakan hand sanitizer di setiap kelas. Siswa juga diwajibkan membawa bekal dari rumah agar kesehatan tetap terjaga.

Ngatmi menjelaskan, dalam uji coba pembelajaran tatap muka ini, pihaknya juga memberlakukan peraturan bahwa siswa yang sudah memasuki ruang kelas, tidak diperbolehkan untuk keluar. Siswa harus tetap di dalam kelas meskipun pada jam istirahat.

Dalam uji coba PTM ini, hanya siswa kelas VI yang masuk sekolah. PTM dilaksanakan dua kali dalam seminggu dengan durasi tiga jam.

"Kami tetap melaksanakan protokol kesehatan 5 M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi)," ujarnya.

Jumlah siswa dalam setiap kelas yang mengikuti PTM terbagi dalam dua ruangan yang dibuka dengan sirkulasi udara tanpa menghidupkan alat pendingin ruangan baik AC maupun kipas angin. Sementara untuk materi pembelajaran tetap mengacu pada kurikulum 2013 yang telah disederhanakan.

Sementara itu, PTM juga sudah dilaksanakan di SDN 2 Trayu, Kecamatan Banyudono, Boyolali. Di SD ini, sementara ini juga baru siswa kelas VI yang masuk sekolah.

Guru kelas VI SDN Trayu, Sunarni, mengatakan sekolah menggelar uji coba PTM setelah dirinya telah mendapat vaksin Corona, dua kali dosis. Sudah sejak Senin (15/3) lalu, uji coba PTM di sekolahnya dilaksanakan. Uji coba pembelajaran tatap muka ini juga untuk menghadapi penilaian akhir siswa kelas VI.

"Karena ujian sudah tidak ada. Uji coba tatap muka ini juga sebagai semacam try outnya gitu," kata Sunarni kepada wartawan.

Waktu pembelajaran ini hanya berkisar antara 1-2 jam saja. "Kita kan masuk pukul 07.00 WIB, dan selesai maksimal pukul 9 pagi. Tanpa istirahat. Jadi siswa masuk langsung pelajaran setelah itu pulang," tambahnya.

Halaman selanjutnya: penjelasan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali...

Simak Video: Vaksinasi Guru Dikebut, Purwakarta Siap Gelar Sekolah Tatap Muka

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2