Tak Hanya Guru, Gibran Juga Segera Vaksinasi COVID-19 Dosen di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 20:09 WIB
Vaksinasi Corona secara nasional untuk para nakes dimulai. Berikut foto-foto vaksinasi di kawasan Depok dan Solo.
Ilustrasi (Foto: Tim detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal segera melakukan vaksinasi COVID-19 ke kalangan dosen. Hal tersebut menyusul vaksinasi untuk para guru yang sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu.

Gibran mengatakan vaksinasi untuk dosen diharapkan bisa segera diselesaikan agar perkuliahan bisa dimulai secara tatap muka. Seperti sekolahan, kampus-kampus di Solo juga sudah setahun tidak menggelar kuliah tatap muka.

"Dosen-dosen mulai kita vaksin minggu depan. Biar segera bisa tatap muka lagi," kata Gibran di Balai Kota Solo, Rabu (17/3/2021).

Ke depannya, kampus-kampus di Solo juga diharapkan mulai melakukan simulasi pembelajaran tatap muka. Sedangkan untuk tingkat sekolah, Gibran mengatakan sudah memulai simulasi di beberapa sekolah.

"Beberapa sekolah sudah mengadakan simulasi. Nantinya 50 persen masuk, 50 persen di rumah. Semua sekolah wajib simulasi, semua, termasuk kampus juga," ujar Gibran.

Selama pembelajaran tatap muka, kata Gibran, banyak orang tua murid yang mengeluhkan masalah perangkat ponsel pintar. Sebab masih banyak orang tua murid yang tidak bisa membelikan anaknya ponsel untuk sekolah daring.

"Saya lihat kemarin waktu bagi-bagi HP keluhan orang tua memang di gadget. Tentu kekurangan (efektivitas pembelajaran) masih ada, makanya biar bisa segera tatap muka lagi," kata dia.

Namun dalam simulasi sekolah tatap muka, dia meminta orang tua untuk bisa bekerja sama. Yakni dengan mengantar jemput anaknya sebagai pencegahan berkontak dengan orang lain.

"Kami minta orang tua wajib antar jemput anaknya. Selesai sekolah jangan sampai ke warnet atau mal. Anak yang sedang tidak fit tidak perlu dipaksakan masuk, tetap di rumah," tutupnya.

(rih/ams)