Melihat Desa di Brebes yang Digadang Jadi Mangrove Center Nasional

Imam Suripto - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 20:14 WIB
Kegiatan penyemaian bibit mangrove di Desa Randusanga Kulon, Brebes
Kegiatan penyemaian bibit mangrove di Desa Randusanga Kulon, Brebes (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Desa Randusanga Kulon, Brebes, Jawa Tengah digadang bakal jadi Mangrove Center atau pusat pembibitan mangrove nasional. Desa ini ditargetkan bakal memproduksi 10 juta bibit mangrove per tahun.

Desa Randusanga Kulon berada 6 km dari utara pusat kota Brebes. Area tambak di desa ini memiliki luas 1.300 hektare dengan hutan mangrove alami seluas 400 hektare.

"Program persemaian bibit ini berskala nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tujuannya untuk menyediakan bibit seluruh daerah di Indonesia," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Kabupaten Brebes, Edy Kusmartono saat dihubungi via telepon, Sabtu (13/3/2021).

Edy mengatakan rencananya Mangrove Center ini akan diresmikan Presiden Jokowi pada April mendatang.

"Rencana akan diresmikan oleh Presiden. Paling lambat tanggal 20 April nanti," terang Edy.

Terpisah, Kepala Desa Randusanga Kulon, Afan Setiyono mengatakan pihaknya telah menyiapkan lahan dan memberikan pelatihan tentang penyemaian bibit mangrove untuk peresmian pada April mendatang.

"Sudah kami siapkan 12 hektare lahan untuk media persemaian di kawasan pantai Randusanga Kulon. Kemudian secara intensif kami sudah melatih warga tata cara menyemaikan bibit. Harapannya, jika rencana ini dimulai April depan, kami sudah siap baik sarana maupun SDM-nya," terang Afan saat ditemui di lokasi.

Afan menyebut lahan di Mangrove Center akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti laboratorium, aula, kantor dan sarana penunjang lainnya. Mayoritas lahan atau seluas 70 persen akan digunakan untuk penyemaian bibit mangrove.

Mangrove Center di Desa Randusanga Kulon ini digadang bakal menjadi pusat pembibitan modern. Ada sekitar 30 jenis mangrove yang akan dikembangkan di Mangrove Center ini.

"Dengan persemaian ini, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan bibit untuk reboisasi kawasan pesisir. Mangrove Center ini nantinya akan bisa memproduksi 10 juta bibit per tahun," terang dia.

Kegiatan penyemaian bibit mangrove di Desa Randusanga Kulon, BrebesKegiatan penyemaian bibit mangrove di Desa Randusanga Kulon, Brebes Foto: Imam Suripto/detikcom

Afan menyebut Mangrove Center ini bakal meningkatkan perekonomian warganya. Sebab, sebagai pusat pembibitan mangrove berskala nasional setidaknya akan membutuhkan ribuan tenaga kerja yang dilibatkan selama proses pembibitan.

"Dengan target produksi 10 juta bibit ini jelas merupakan peluang besar. Misalnya, warga bisa mencari bakal bibit dari bunga pohon bakau sebanyak banyaknya dan kami beli untuk disemai sampai menjadi bibit siap tanam," terangnya.

(ams/ams)