Populer Sepekan

'Bersih-bersih' Partai Demokrat DIY, 3 Ketua DPC Dipecat Usai Hadiri KLB

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 09:08 WIB
Pengurus Partai Demokrat di DIY datang Kanwil Kemenkumham Yogyakarta, Rabu (10/3/2021).
Pengurus Partai Demokrat di DIY datang Kanwil Kemenkumham Yogyakarta, Rabu (10/3/2021). Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom
Sleman -

Partai Demokrat mulai 'bersih-bersih' kader yang membelot dan hadir dalam acara yang diklaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara. Tiga Ketua DPC Partai Demokrat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipecat gara-gara terbukti menghadiri KLB yang menetapkan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai ketum.

Ketiga ketua yang dipecat yakni Ketua DPC Demokrat Sleman Sarjono, Ketua DPC Demokrat Bantul Nur Rakhmat, dan Ketua DPC Demokrat Kulon Progo Sugiyanto. Ketua DPD PD DIY Heri Sebayang mengatakan kader yang dipecat karena membelot.

"Sleman dan Bantul. Dua-duanya ketua, dipecat karena membelot. Iya, hadir dalam KLB. Tidak taat dengan aturan partai. Sudah dipecat," kata Heri di kantor Kemenkumham DIY, Rabu (10/3/2021).

Selain 2 ketua DPC Sleman dan Bantul, Heri masih mencurigai seorang lagi yang menghadiri agenda di Deli Serdang pekan lalu itu. Saat itu Heri mengaku masih mencari pembelot lain di tubuh Partai Demokrat DIY.

"Yang kami curigai ada satu lagi, ketua juga di DPC Kulon Progo. Kami akan cari, siapa yang membelot, kami pecat," tegasnya.

Selang dua hari kemudian, Ketua DPC Demokrat Kulon Progo Sugiyanto juga dipecat. Sugiyanto juga terindikasi menghadiri acara yang diklaim sebagai KLB Demokrat di Deli Serdang.

"(Ketua DPC PD Kulon Progo) Sudah dipecat, terindikasi sama (hadir dalam KLB PD). Pemecatan (alasannya) sama artinya ketika dia berangkat ke sana (KLB) berdasarkan informasi dan ada bukti pengakuan," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat DIY Freeda Musthikasari saat dihubungi wartawan, Jumat (12/3).

Freeda mengatakan pihaknya masih menunggu surat resmi dari DPP soal pemecatan Ketua DPC PD Kulon Progo. Sekaligus sebagai dasar untuk pengangkatan pelaksana tugas (Plt) Ketua DPC.

"Kalau secara resmi surat untuk Kulon Progo (belum). Kalau pengangkatan Plt dari DPP. Tapi baru untuk Sleman dan Bantul. Kalau Kulon Progo nanti suratnya dari pusat dari DPP," jelasnya.

"Kalau Bantul Bapak Irawan Laksono. Kalau Sleman Freeda Mustikasari, untuk Kulon Progo segera nyusul nanti," tambahnya.

Dengan dipecatnya 3 Ketua DPC PD ini, kata Freeda, pihaknya segera melakukan langkah konsolidasi. Ia pun menegaskan jika DPD PD DIY masih solid dan satu suara mendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Langkah selanjutnya, kita tetap konsolidasi mas dan koordinasi sampai ke semua DPC. DPD Demokrat DIY masih solid ke AHY," terang dia.

Ketua DPC Demokrat Bantul dan Sleman yang dipecat juga sudah buka suara soal pencopotannya gegara menghadiri KLB di Deli Serdang, pekan lalu. Eks DPC Ketua Demokrat Sleman Sarjono mengaku menghadiri KLB di Deli Serdang atas undangan teman dekatnya. Dia menampik menerima duit untuk menghadiri acara yang diklaim sebagai KLB Demokrat itu.

"Datang ke KLB itu karena saya ditelepon sama teman dekat. Jadi nggak ada iming-iming mendapat uang Rp 100 juta. Saya hanya dapat sebatas uang akomodasi saja," kata Sarjono, Rabu (10/3) lalu.

Halaman selanjutnya selengkapnya pengakuan Ketua DPC Demokrat Sleman dan Bantul soal acara KLB Deli Serdang..

Simak video ''Saling Serang' Kubu AHY Vs KLB Moeldoko':

[Gambas:Video 20detik]