ADVERTISEMENT

PTKM Diperpanjang, DPRD DIY Minta Pemda Bikin Shelter di Tiap Desa

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 14:53 WIB
Gedung DPRD DIY
Foto: Gedung DPRD DIY (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Terlepas dari hal tersebut, dia menambahkan jika pelibatan masyarakat juga perlu dilakukan. Pasalnya belajar dari berbagai shelter di Bantul, gotong royong masyarakat sangat tinggi sehingga pemerintah sangat kecil keluar anggaran operasional.

"Kami minta treatment dengan fasilitasi shelter isolasi di desa atau kecamatan ini segera dilakukan, agar kasus segera turun dan DIY segera lepas dari PPKM/PSBB," katanya.

"Jadi jangan irit-irit anggaran pemerintah tapi jadinya treatment tidak dilakukan. Kita keluarkan APBD untuk optimalkan 3T itu hasilnya jauh lebih murah daripada PPKM dua minggu," lanjut Huda.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekda DIY) Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan bahwa Pemda akan berupaya mendirikan shelter di desa-desa. Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan kalurahan-kalurahan.

"Saya kira ide mendorong shelter desa satu kelurahan untuk beberapa kelurahan yang lain cukup bagus karena mendekatkan pelayanan kita partisipasi gotong royong masyarakat menjadi terbangun," kata Aji.

"Memang di dalam instruksi pak menteri dana desa untuk shelter desa. Kalau antar desa nanti kita rembug bersama kabupaten kota," imbuhnya.


(rih/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT