Kreatif! Disabilitas di Klaten Ini Tuangkan Ide Lewat Lukisan

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 11:35 WIB
Suasana di Sanggar Seni Mewarnai Dunia di Klaten, Rabu (3/3/2021)
Suasana di Sanggar Seni Mewarnai Dunia di Klaten, Rabu (3/3/2021) Foto: Acmad Syauqi/detikcom

Fery, yang kehilangan kedua kakinya hingga sebatas paha karena kecelakaan di kereta itu, mengatakan tidak mudah melukis dengan keterbatasan fisik yang dia miliki. Meski sudah dibantu duduk di kursi roda, dia mengaku sulit menggerakkan tubuhnya saat melukis.

"Kendalanya sulit berekspresi, apalagi mau mengambil cat harus dibantu orang lain. Tapi apapun kita harus tetap berdaya, kalau perlu kita siap pameran dan karya kita dihargai," ucap Fery.

Suasana di Sanggar Seni Mewarnai Dunia di Klaten, Rabu (3/3/2021)Ponimin tampak tekun menggoreskan pensil di atas kanvas menggunakan jemari kaki kanannya di Sanggar Seni Mewarnai Dunia di Klaten, Rabu (3/3/2021) Foto: Acmad Syauqi/detikcom

Di lokasi yang sama, Ketua Sanggar Seni Mewarnai Dunia, N. Trisno Nugroho mengatakan ada sejumlah disabilitas dari berbagai kecamatan yang bergabung dengan sanggar miliknya. Di antaranya dari Kecamatan Trucuk, Delanggu, Cawas, Pedan, Karanganom, Karangdowo dan lainnya.

"Ada dari berbagai kecamatan, sementara peserta ada 10 orang. Sanggar ini tidak terbatas untuk peserta satu kecamatan tapi bisa seluruh Klaten," terang Trisno pada detikcom.

Trisno mengaku terpantik mendirikan sanggar itu untuk membantu warga disabilitas. Dia berharap sanggarnya itu bisa membantu para disabilitas untuk berkegiatan.

"Kami berharap sanggar jadi wahana berkegiatan dan belajar. Tidak hanya belajar lukis tapi seni dan kegiatan lainnya," pungkas Trisno.

Halaman

(ams/ams)