Gibran Yakin Solo Jadi Prioritas Vaksinasi, Ganjar: Sebenarnya Semua Minta

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 18:52 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo datangi lokasi pengungsian banjir Kota Pekalongan, Rabu (17/2/2021).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mendatangi lokasi pengungsian banjir Kota Pekalongan, Rabu (17/2/2021). Foto: Robby Bernardi/detikcom
Semarang - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yakin wilayahnya bakal menjadi prioritas vaksinasi virus Corona atau COVID-19 karena tingginya kasus. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkap semua daerah minta menjadi prioritas.

"Sebenarnya semua (daerah) minta adanya prioritas. Jadi prioritas itu bukan Solonya tapi kelompok sasaran masyarakatnya," kata Ganjar di kantornya, Semarang, Rabu (3/3/2021).

Ganjar menyebut saat rapat bersama lima gubernur dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ada usulan kelompok masyarakat di pasar menjadi prioritas vaksinasi tahap kedua. Usulan tersebut kemudian pertama dilakukan di Tanah Abang Jakarta.

"Waktu 5 gubernur dipanggil Pak Presiden memerintahkan beberapa gubernur menyiapkan tempat untuk dilakukan vaksinasi. Karena sebelum kelompok-kelompok senior (nakes) ini disuntik vaksin waktu itu diusulkan uji coba pertama di Tanah Abang dan sudah dilakukan," jelasnya.

Kemudian Ganjar mengusulkan untuk di Jateng vaksinasi dilakukan di pasar Kota Semarang dan Kota Solo. Vaksinasi COVID-19 untuk pedagang pasar pun lalu digelar di Solo.

"Nah saya menyiapkan 2 titik satu di Solo dan Semarang, akhirnya kemarin dipilih di Solo. Saya kira Mas Gibran menyambut dan kemudian mendapatkan alokasi itu. Saya kira bagus tinggal nanti kalau di sana sudah bisa sukses kita sebarkan ke tempat yang lain," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Gibran yakin Solo menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksin Corona. Selain karena angka kasus yang cukup tinggi, Solo dianggap sebagai penopang perekonomian daerah lain di Jateng.

"Saya yakin tersedia terus dan itu tugas Pak Gubernur dan Menkes untuk membagi ke tiap-tiap daerah. Saya yakin Solo masuk prioritas karena Solo termasuk pusat kegiatan ekonomi di Jateng," kata Gibran usai mengikuti rapat virtual dengan Gubernur Jawa Tengah di Balai Kota Solo, Selasa (2/3).

(ams/rih)